Para Ahli Siaga, Anak Varian Omicron 'BA.2' Sedang Menyebar

- Jumat, 28 Januari 2022 | 12:46 WIB
Ilustrasi COVID-19 varian Omicron (Pixabay)
Ilustrasi COVID-19 varian Omicron (Pixabay)

AYOINDONESIA.COM – Saat lonjakan kasus varian Omicron mulai turun di beberapa negara bagian di Amerika Serikat (AS), para ilmuwan mengamati adanya varian Omicron lain yang menyebar dengan cepat di beberapa negara Asia dan Eropa. Varian lain itu merupakan anak varian Omicron yang disebut BA.2.

Minggu ini, para ilmuwan mendeteksi kasus BA.2 ada di beberapa negara bagian AS, termasuk California, Texas, dan Washington. Kendati kasus BA.2 masih langka di AS, namun para ahli memperkirakan varian tersebut akan mulai menyebar di AS pada bulan depan.

"Bisa jadi BA.2 memang memiliki beberapa keuntungan kecil. BA.2 mungkin 1 hingga 3 persen lebih mudah menular atau semacamnya dibanding varian Omicron asli," kata Emma Hodcroft, ahli epidemiologi di University of Bern yang telah melacak varian di seluruh dunia selama pandemi melalui proyek Nextstrain.

Informasi Mengenai BA.2

Baca Juga: Denmark Ungkap Anak Varian Omicron Lebih Menular

Hodcroft mengatakan varian BA.2 memiliki banyak mutasi, sekitar 30 mutasi bahkan lebih. Dia juga menuturkan, anak varian Omicron itu memiliki banyak mutasi yang unik.

"Mereka sangat mirip, tetapi mereka juga berbeda. Berbeda tapi jelas berhubungan," katanya dilansir dari NPR News, Jumat 28 Januari 2022.

Namun sejatinya, varian Omicron sedari awal ditemukan memang memiliki banyak varian. Informasi dari sumber yang sama menyebut bahwa ketika para ilmuwan di Afrika Selatan menemukan Omicron pada November lalu, mereka tidak hanya menemukan satu versi. Mereka menemukan tiga versi yang disebut BA.1, BA.2, dan BA.3.

Yang pertama, BA.1, menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat. Sejauh informasi saat ini, sepertinya BA.2 dan BA.3 lebih lemah dan kurang mampu mengimbangi BA.1.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Sumber: NPR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X