6 Pesawat Bom Milik China dan Rusia Terbang Dekat Jepang Saat Kunjungan Joe Biden

- Rabu, 25 Mei 2022 | 15:41 WIB
Ilustrasi Xi Jinping, bendera Taiwan dan Joe Biden (Twitter @Investingcom)
Ilustrasi Xi Jinping, bendera Taiwan dan Joe Biden (Twitter @Investingcom)

AYOINDONESIA.COM - Kementerian Pertahanan Jepang (MoD) mengumumkan bahwa terdapat enam pesawat pembom milik China dan Rusia yang terbang di dekat Kepulauan Jepang. Diduga aksi dua negara pemilik nuklir terbesar ini untuk memperingatkan KTT Quad yang dihadiri para pemimpin Australia, India, Jepang, dan AS.

Dua pesawat pengebom Xian H-6 terlihat terbang di atas Laut China Timur dan Laut Jepang (juga dikenal sebagai Laut Timur), bersama dengan dua pesawat pengebom Tu-95 Rusia, dari pagi hingga sore hari pada 24 Mei. MoD juga mengatakan ada dua pesawat pembom H-6 yang berbeda dan dua pembom Tu-95 Rusia yang sama terbang melalui Selat Miyako antara pulau Okinawa dan Miyakojima di Jepang untuk memasuki Samudra Pasifik dari Laut Cina Timur.

Selain itu, satu pesawat intelijen elektronik Il-20 Rusia terlihat terbang di atas Laut Jepang pada hari yang sama. Merespon aksi tersebut, pesawat tempur Angkatan Udara Bela Diri Jepang (JASDF) bergegas menanggapi penerbangan tersebut. Namun mereka menegaskan tidak ada pesawat yang melanggar wilayah udara Jepang.

Baca Juga: Zelenskyy Minta Joe Biden Agar Menyebut Rusia Sebagai Sponsor Terorisme

“Kami tidak dapat mengabaikan provokasi apa pun untuk meningkatkan ketegangan di kawasan Asia Timur,” kata Menteri Pertahanan Jepang Kishi Nobuo dilansir dari The Diplomat, Rabu 25 Mei 2022.

Sebagai informasi, di hari itu Jepang menjadi tuan rumah KTT Quad dengan AS, Australia, dan India untuk memanjukan kerjasama di kawasan Indo-Pasifik.
Adanya pesawat China dan Rusia di dekat Jepang diketahui merupakan penerbangan bersama keempat oleh pesawat tempur kedua negara yang dilaporkan oleh Kementerian Pertahanan Jepang. Pertama kali terjadi pada Juli 2019.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) juga mengatakan pada 24 Mei bahwa dua pesawat pembom H-6 China dan empat pesawat tempur Rusia, termasuk dua pembom Tu-95, memasuki zona identifikasi pertahanan udara (KADIZ) Korea Selatan tanpa pemberitahuan, namun pesawat-pesawat itu tidak melanggar wilayah udara teritorial negara.

Baca Juga: Merasa Dilawan NATO, Rusia Pamer 50 Rudal Nuklir Baru Canggih

Sama seperti Jepang, Korea Selatan juga mendorong untuk memperkuat dan memperluas aliansinya dengan Washington yang juga ikut memberi kecaman internasional atas agresi Rusia terhadap Ukraina. Presiden AS Joe Biden berada di Seoul untuk kunjungan bilateral sebelum menuju ke Tokyo.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Amerika Serikat Resmi Masuk Jurang Resesi

Jumat, 29 Juli 2022 | 13:30 WIB
X