Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di Asia Tenggara Mulai Dibangun

- Rabu, 15 September 2021 | 15:49 WIB
Presiden Joko Widodo Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang
Presiden Joko Widodo Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang

AYOINDONESIA.COM-- Presiden Joko Widodo, Rabu, 15 September 2021, melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, pabrik milik PT HKML Battery Indonesia yang berlokasi di Kompleks Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang tersebut juga merupakan pabrik baterai kendaraan listrik pertama yang ada di Asia Tenggara.

"Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia dan bahkan yang pertama di Asia Tenggara," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya seperi dalam siaran pers yang diterima Ayoindonesia.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan dan pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik.

Pemerintah juga akan terus menggulirkan reformasi struktural untuk memberikan kepastian hukum dan kemudahan perizinan kepada para pelaku usaha dan para investor dalam mengembangkan usahanya di Tanah Air.

"Pemerintah juga terbuka atas berbagai inisiatif kerjasama dengan negara-negara sahabat," ucap Presiden.

Presiden juga berharap kolaborasi antara perusahaan Korea Selatan dengan perusahaan Indonesia akan makin diperkuat serta melibatkan usaha mikro, kecil, dan usaha menengah yang ada di Tanah Air, termasuk realisasi kerja sama investasi dalam industri baterai dan kendaraan listrik.

Baca Juga: Jokowi: Ekonomi Berbasis Komoditas Harus Diubah Berbasis Teknologi dan Inovasi

"Saya berpesan agar kolaborasi yang terbangun bukan hanya di antara perusahaan-perusahaan besar atau BUMN-BUMN kita tetapi juga melibatkan usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah," ujar Presiden.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Terkini

Hal Teknis Seputar Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 22

Minggu, 26 September 2021 | 18:08 WIB

Daftar 7 BUMN Dibubarkan dan Dimerger oleh Erick Thohir

Jumat, 24 September 2021 | 13:53 WIB
X