Cara Manfaatkan Kartu Prakerja agar Dapat Rp100 Juta, Simak Sebelum Gelombang 22 Dibuka

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:46 WIB
Cara Manfaatkan Kartu Prakerja agar Dapat Rp100 Juta, Simak Sebelum Gelombang 22 Dibuka (prakerja.go.id)
Cara Manfaatkan Kartu Prakerja agar Dapat Rp100 Juta, Simak Sebelum Gelombang 22 Dibuka (prakerja.go.id)

JAKARTA, AYOINDONESIA.COM -- Program Kartu Prakerja pada tahun 2021, sudah bergulir hingga Gelombang 21. Kini masyarakat pun menanti pembukaan Gelombang 22, namun belum ada jadwal resminya.

Meski Gelombang 22 belum dibuka, pemerintah pun memastikan program Kartu Prakerja akan dilanjutkan di tahun 2022. Namun untuk sementara baru diskenariokan untuk enam bulan di tahun itu.

"Ini gelombangnya (tahun 2021) sudah ke-21, jadi tahun depan (2022) juga akan ada Kartu Prakerja," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Jumat, 8 Oktober 2021, mengutip Republika (jaringan Ayoindonesia.com).

Selain kabar tersebut, Airlangga mengatakan bahwa para peserta punya kesempatan menerima bantuan sampai Rp100 juta. 

Namun, bantuan itu bukan berupa insentif serupa yang didapatkan peserta saat mereka membereskan pelatihan Prakerja. Bantuan itu adalah modal usaha berupa KUR dari BNI.

Mereka yang bisa mengakses ini, adalah para peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan Prakerja, memulai usaha, dan punya omzet relatif stabil, ujar Airlangga.

Tawaran lain dari KUR Prakerja dari BNI ini adalah soal bunga. Pemerintah menjamin peserta Kartu Prakerja mendapatkan potongan bunga selama enam bulan pertama.

"Biasanya kan bunga 6 persen yang 3 persen disubsidi oleh pemerintah dan untuk penerima pertama dalam jangka waktu enam bulan tidak membayar bunga, tapi nanti bulan ketujuh baru diberikan bunga," kata dia.

Tentu ini menjadi kesempatan besar bagi para peserta Kartu Prakerja. Jika peserta hanya bisa menerima uang Rp2,4 dari insentif pelatihan, maka modal usaha hingga Rp100 juta jauh lebih bermanfaat.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Sumber: Republika, Ayojakarta.com, lifepal.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jumlah Investor Saham di Indonesia Tembus 3 Jutaan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 18:24 WIB
X