Muhammadiyah Haramkan Kripto, Ini Alasannya

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:38 WIB
Ilustrasi mata uang kripto. (Pixabay)
Ilustrasi mata uang kripto. (Pixabay)

AYOINDONESIA.COM - Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah menerbitkan fatwa yang mengharamkan penggunaan mata uang kripto.

PP Muhammadiyah meresmikan fatwa haram terkait mata uang kripto setelah sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah melakukan hal yang sama.

Dilansir Ayo Indonesia dari keterangan resmi yang dirilis di Muhammadiyah.or.id, Jumat 21 Januari 2022, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah memaparkan pandangan terhadap mata uang kripto yang tengah menjadi sorotan banyak orang.

PP Muhammadiyah pun meninjau mata uang kripto dari dua sudut pandang, yakni sebagai alat investasi dan alat transaksi.

Mata uang kripto sebagai alat investasi.

Menurut PP Muhammadiah, mata uang kripto dinilai memiliki banyak kekurangan sebagai alat investasi jika dipandang dari sudut pandang syariat Islam.

Hal itu disebabkan oleh adanya sifat spekulatif dalam berinvestasi dengan dinamika yang dianggap PP Muhammadiyah tidak wajar, misalnya untuk mata uang Bitcoin.

“Nilai bitcoin ini sangat fluktuatif dengan kenaikan atau keturunan yang tidak wajar,” ungkap PP Muhammadiyah, Rabu, 18 Januari 2022.

PP Muhammadiyah pun menilai mata uang kripto sebagai sesuatu yang mengandung ketidakjelasan (gharar) karena tidak adanya underlying-asset (aset yang menjamin).

Halaman:

Editor: Firda Puri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Kamis 19 Mei 2022 Naik Rp2.000

Kamis, 19 Mei 2022 | 09:38 WIB
X