Tol Trans Sumatera Ditargetkan Sudah mulus pada April 2022

- Senin, 24 Januari 2022 | 15:17 WIB
PUPR Targetkan Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas April 2022 (PUPR)
PUPR Targetkan Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas April 2022 (PUPR)

 

AYOINDONESIA.COM--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proses perbaikan kondisi Jalan Tol Trans Sumatra dapat segera diselesaikan. Khususnya untuk ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agun dan Kayu Agung-Palembang-Betung yang harus kembali mulus lagi. 

"Seluruh ruas ini harus tuntas memenuhi standar pelayanan minimal (SPM) pada April 2022 hingga 100 persen," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dalam konferensi pers di Gedung Kementerian PUPR, Senin (24/1/2022), dilansir Republika

Dalam perbaikan ruas tol tersebut, Danang menuturkan sudah memberikan instruksi terkait penurunan jembatan di beberapa lokasi Danang menuturkan jembatan yang dibangun menggunakan tiang pancang dan timbunan yang sering kali volumenya tidak sama. 

Danang menjelaskan akan ada sejumlah teknologi yang akan dipakai dalam proses perbaikan ruas tol tersebut. "Daerahnya memang dua ruas tol ini didominasi daerah berawa dan tanah lunak. Ada beberapa teknologi yang ita pakai," ujar Danang. 

Pertama, kata Danang, salah satu yang akan dilakukan yakni pengganti tanah dasar. Selanjutnya juga akan dilakukan vakum sehingga air di tanah berawa dapat dipompa ke luar sehingga membuat badan jalan kering hingga penggunaan tiang pancang. 

"Semua teknologi ini ada risiko tertentu. Kalau vakum kadang-kadang tidak sempurna 100 persen ketinggian tidak berfungsi dan mengalami penurunan," jelas Danang. 

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja memastikan selama proses perbaikan dua ruas tol tersebut tidak akan ada penutupan akses. Endra mengatakan, pengguna jalan tol tetap dapat melintas. 

"Tol ini tetap bisa melayani pengguna jalan tol . Ini jalur vital logistik, back Bone nya Sumatra. Banyak komoditas yang diangkut juga," jelas Endra. 

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Terkini

Harga Emas Antam Kamis 19 Mei 2022 Naik Rp2.000

Kamis, 19 Mei 2022 | 09:38 WIB
X