Ekspor Indonesia Catat Rekor Tertinggi, Capai 27,32 Miliar Dolar AS

- Rabu, 18 Mei 2022 | 16:16 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Setkab)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Setkab)

AYOINDONESIA.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa neraca perdagangan Indonesia kembali tercatat surplus pada April 2022 lalu.

Airlangga mencatat neraca perdagangan saat itu tembus 7,56 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Angka tersebut merupakan rekor tertinggi yang berhasil melampaui bulan Oktober 2021 dengan nilai sebesar US$5,74 miliar. Airlangga menilai pencapaian tersebut membawa perekonomian Indonesia menjadi lebih tangguh.

Baca Juga: Peluang Makin Berat untuk Sabet Emas, Tim Futsal Indonesia Harus Puas Berbagi Angka 1 - 1 dengan Thailand

“Neraca perdagangan merupakan determinan yang sangat penting dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan menjaga ketahanan sektor eksternal Indonesia," Airlangga di Jakarta, Rabu 18 Mei 2022.

"Kita bersyukur bahwa salah satu engine utama pertumbuhan ekonomi ini terus mengalami performa gemilang dan bahkan kembali mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa,” katanya lagi. 

Selain datang dari neraca perdagangan, Airlangga juga menuturkan pergerakan positif juga ditunjukkan pada indikator ekspor yang mengalami surplus dengan nilai sebesar US$27,32 miliar.

Baca Juga: Amerika: Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines yang Tewaskan 132 Orang Sebenarnya Tindakan Disengaja

Dia mengatakan angka surplus ekspor mengungguli rekor tertinggi sebelumnya pada bulan Maret 2022 yang tercatat mencapai US$26,50 miliar.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X