Siap-siap Daftar Kartu Prakerja Gelombang 40, Jangan Sampai Gagal Unggah KTP

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 06:19 WIB
Kartu Prakerja Gelombang 40 Kapan Dibuka? Ini Jadwal dan Tips Lolos Seleksinya
Kartu Prakerja Gelombang 40 Kapan Dibuka? Ini Jadwal dan Tips Lolos Seleksinya

AYOINDONESIA.COM -- Jika kamu berencana mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 40, maka kamu harus memperhatikan baik-baik tips lolos yang akan dibagikan dalam artikel ini.

Langkah pertama tips lolos pendaftaran Prakerja Gelombang 40 adalah membuat akun Kartu Prakerja di laman www.prakerja.go.id. Setelah itu login ke akun Prakerja yang sudah dibikin.

Selanjutnya pendaftar Prakerja Gelombang 40 akan diarahkan ke laman verifikasi KTP. Isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir. Jangan sampai ada yang salah isi ya. Pastikan data yang kamu masukkan sudah sesuai.

Setelah yakin tak ada kesalahan, klik Lanjut. Ingat, nama lengkap kalian dan nama ibu kandung yang kamu masukkan sudah sesuai dengan yang terdaftar di KK.

Jika data tidak sesuai, kamu dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id, atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Baca Juga: Diisukan Pindah Ke Juventus, Jordan Veretout Akhirnya Resmi Berlabuh ke Marseille

Selanjutnya verifikasi foto e-KTP. Kamu mesti mengambil foto dari telepon selular. Jika kamu mengakses dengan komputer, segera lanjutkan pendaftaran melalui browser HP, ya!

Perhatikan Ketentuan Spesidikasi Unggah Foto KTP Saat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 40

Ini yang penting. Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP kamu berjalan lancar.

Jika data yang kamu masukkan sudah sesuai, langkah berikutnya adalah verifikasi nomor handphone. Kalau sudah muncul keterangan, klik ‘Kirim OTP’.

Selanjutnya, masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP kamu. Klik Kirim OTP. Isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi kamu. Jika sudah selesai klik ‘Oke’.

Berikutnya, kamu wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Setelah muncul pemberitahuan, klik ‘Mulai Tes’. Nah, kalian harus cermat dalam mengisi jawaban. Jangan terburu-buru, tetapi juga jangan lambat karena ada batas waktunya.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 40 kamu sedikit lagi selesai dan kamu tinggal ikut seleksi Gelombang. Kemudian Pilih Gelombang yang sesuai dengan domisili kamu, lalu klik Gabung.

Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang Kartu Prakerja kamu. Bila sudah sesuai, klik Gabung. Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Kamu harus klik Saya Menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Inggris Halaman 80 Lengkap untuk Kelas 8, Chapter 6 Our Busy Roads

Nah, tahap pendaftaran kamu selesai! Selanjutnya kamu akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email setelah penutupan Gelombang Kartu Prakerja Gelombang 40.

Jika kamu belum lolos Kartu Prakerja Gelombang 40, kamu bisa ikut Gelombang Kartu Prakerja berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun kamu.

Kuota Peserta Kartu Prakerja Gelombang 40

Menurut perkiraan Ayoindonesia, kuota peserta pada Pendaftaran Prakerja Gelombang 40 tidak akan lebih dari 300 ribu peserta.

Hal itu dengan pertimbangan bahwa anggaran Prakerja pada 2022 senilai Rp11 triliun jauh lebih kecil dibandingkan dengan pada 2020 dan 2021.

Pada 2020, Pemerintah menyiapkan anggaran Rp20 triliun untuk Kartu Prakerja dan pada 2021 sebesar Rp21,2 triliun dalam APBN.

Dari sisi kuota, peserta yang lolos seleksi di Kartu Prakerja pada 2020 sebanyak 5,5 juta pendaftar dan pada 2021 sebanyak 5,9 juta pendaftar.

Dengan anggaran pada 2022 yang lebih kecil hampir 50% dari program di 2020 dan 2021, Pemerintah memutuskan tidak mengurangi insentif yang diberikan, paling tidak di gelombang 23 dan gelombang 24.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, MS GLOW Donasikan Seribu Tanaman di Tujuh Kota Indonesia

Pilihan yang harus diambil pemerintah agar dana Rp11 triliun bisa berjalan sampai dengan akhir tahun dan memberikan insentif Rp3,55 juta kepada peserta adalah mengurangi jumlah kuota peserta.

Demikian informasi tentang tips lolos seleksi pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 40 yang mesti kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CRAB dan MEDS Ramaikan Lantai Bursa

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:19 WIB

Harga Emas Antam Senin 8 Agustus 2022 Turun Rp2.000

Senin, 8 Agustus 2022 | 10:09 WIB
X