Jadwal Puasa Nisfu Syaban Tanggal 7-8 Maret 2023, Doa dan Amalan yang Dianjurkan

- Rabu, 1 Maret 2023 | 19:55 WIB
Sebentar lagi, jadwal puasa Nisfu Syaban akan dimulai pada malam tanggal 7 dan berakhir pada tanggal 8 Maret 2023. (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
Sebentar lagi, jadwal puasa Nisfu Syaban akan dimulai pada malam tanggal 7 dan berakhir pada tanggal 8 Maret 2023. (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

AYOINDONESIA.COM -- Sebelumnya, tanggal 1 Syaban 1444 Hijriah telah dimulai pada tanggal 22 Februari 2023. Maka jadwal puasa Nisfu Syaban akan dimulai pada malam tanggal 7 dan berakhir pada tanggal 8 Maret 2023.

Pada momen tersebut, panjatkanlah doa dan lakukan amalan baik saat Nisfu Syaban atau hari ke-15 bulan Syaban. 

Bagi umat muslim, malam Nisfu Syaban dipercaya sebagai malam maghfirah atau malam pengampunan.

Selain itu, Imam Al Gozali juga menyebutkan jika malam Nisfu Syaban merupakan malam yang penuh dengan syafaat.
 
Di malam Nisfu Syaban, umat muslim dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan sunnah, agar mendapatkan pengampunan serta syafaat.
 
Berikut ini amalan sunah di malam Nisfu Syaban yang bisa dilakukan oleh umat muslim:
 
1. Membaca doa Nisfu Syaban
 
Di malam Nisfu Syaban umat muslim dianjurkan untuk membaca doa.
 
Doa yang bisa dibaca pada malam Nisfu Syaban adalah:
 
Allaahumma innaka 'afuwwun- kariimung-tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni. Allaahumma innii asalukal 'afwa wal 'aafiyata wal mu'aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.
 
Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat."
 
2. Sholat Sunnah
 
Amalan sunah yang dianjurkan dilakukan pada malam Nsfu Syaban yaitu sholat sunah. Umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunah di malam Nisfu Syaban.
 
Seperti yang telah disebutkan oleh para ulama, yaitu salah satu amalan yang paling utama pada malam Nisfu Syaban yaitu melakukan sholat sunah tasbih.
 
 
Amalan sunah lainnya yang bisa dilakukan yaitu puasa Nisfu Syaban. Seperti yang telah disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW yang bunyinya sebagai berikut
 
"Bulan Syaban adalah bulan yang biasa dilupakan orang karena letaknya antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Bulan Syaban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku aku dalam keadaan sedang berpuasa." (HR Imam Abu Dawud)
 
4. Baca Surat Yasin sebanyak 3 kali
 
Selain berdoa, amalan sunah yang dianjurkan dilakukan pada malam Nisfu Syaban yaitu membaca surat Yasin sebanyak3 kali.
 
Umat muslim dianjurkan untuk membaca surat Yasin sebanyak 3 kali setelah sholat maghrib dan dilanjutkan dengan membaca doa.
 
Bacaan surat Yasin yang pertama diniatkan agar Allah SWT memberikan umur yang panjang.
 
Lalu, bacaan surat Yasin yang kedua diniatkan agar dijauhkan dari bala serta diberi rizki yang melimpah, Sedangkan untuk bacaan surat Yasin yang ketiga diniatkan agar hidupnya tidak bergantung pada orang lain.
 
Silakan amalkan anjuran-anjuran tersebut saat jadwal puasa Nisfu Syaban yang akan dimulai pada tanggal 7 dan berakhir pada 8 Maret 2023. (*)

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Cerai dalam Islam: Apakah Termasuk Dosa?

Jumat, 19 Mei 2023 | 16:12 WIB
X