Lengkap! Tata Cara Sholat Tahajud, dari Niat sampai Bacaan Doa setelahnya

- Kamis, 25 Mei 2023 | 18:01 WIB
Tentu tata cara dan bacaan doa pada sholat tahajud memiliki ketentuannya sendiri, tidak seperti sholat pada umumnya. (Pixabay/derudyarra)
Tentu tata cara dan bacaan doa pada sholat tahajud memiliki ketentuannya sendiri, tidak seperti sholat pada umumnya. (Pixabay/derudyarra)

AYOINDONESIA.COM – Salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak manfaat dan nilainya adalah sholat malam atau biasa disebut sholat tahajud.

Shalat tahajud merupakan sholat malam atau biasa disebut Qiyamul Lail yang biasanya dikerjakan di sepertiga atau di tengah malam setiap harinya.

Namun beberapa ulama sependapat bahwa sholat tahajud dan sholat malam itu berbeda dalam segi waktu, jika sholat malam dikerjakan di awal malam sedangkan sholat tahajud dikerjakan di tengah malam.

Dan tentu tata cara dan bacaan doa pada sholat tahajud memiliki ketentuannya sendiri, tidak seperti sholat pada umumnya, walaupun hal ini tidak diwajibkan.

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat Tentang Akhlak: Menyebarkan Kebaikan dan Kebahagiaan dalam Akhlak Islami

Adapun keutamaan sholat tahajud adalah sesuai dengan yang difirmankan dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 79, yang mana artinya:

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji", (QS Al-Isra: 79).

Perlu diketahui bahwasanya sholat tahajud dapat dikerjakan setelah bangun dari tidur pada malam hari, dan untuk jumlah rakaatnya tidak terbatas. Dan dianjurkan untuk setiap harinya dapat mengerjakannya meskipun hanya dua rakaat saja.

Baca Juga: Hukum Cerai dalam Islam: Apakah Termasuk Dosa?

Adapun untuk niat sholat tahajud adalah:

"Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillahi ta‘ala".

Artinya: “Sengaja aku sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala”.

Setelah membaca niat, maka dapat melakukan sholat tahajud seperti sholat sunnah pada umumnya mulai dari takbiratul ihram sampai salam.

Setelah melakukan sholat maka kamu dapat mengulangi niat kembali dan melanjutkan sholat kembali jika ingin melakukannya melebihi dua rakaat, dikarenakan untuk sholat tahajud sendiri tidak di patokkan seberapa rakaatnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X