Sedang Jatuh Cinta? Ini Nasihat Prof Quraish Shihab

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:45 WIB
Sedang Jatuh Cinta? Ini Saran Prof Quraish Shihab. (Freepik)
Sedang Jatuh Cinta? Ini Saran Prof Quraish Shihab. (Freepik)

AYOINDONESIA.COM - Prof Quraish Shihab punya sejumlahs aran bagi seseorang yang sedang jatuh cinta. Simak penjelasannya berikut ini.

Mencintai dan dicintai adalah fitrah manusia. Perihal cinta, ulama ahli tafsir Alquran, Profesor Muhammad Quraish Shihab menerangkan bahwa cinta adalah hal yang harus diperjuangkan dan mengungkapkan perasaan kepada yang dicintai adalah sebuah keharusan.

"Anda boleh jadi cinta seseorang, tetapi mitra Anda tidak sadar bahwa Anda mencintainya. Cinta itu ada prosesnya," ungkap Quraish Shihab pada tayangan Shihab & Shihab beberapa dikutip dari laman nu.or.id, Kamis 14 Oktober 2021.

Cinta, menurutnya, tidak dapat terwujud apabila tidak ditemukannya sifat-sifat yang berkenan di hati dari seseorang yang dicintai. Karenanya, apabila cinta yang diharapkan dapat terjalin dengan baik agar disampaikan.

Nabi Muhammad Saw bersabda: ‘Siapa yang mencintai seseorang, sampaikan kepadanya, aku cinta kepadamu’," jelasnya.

Cinta, sambung Quraish Shihab, adalah permainan antara dua pihak. Cinta juga seperti mengendarai sepeda yang pada mulanya sulit, namun jika sudah mahir, maka akan lancar meski di medan terjal sekalipun. Dalam mencintai terdapat komunikasi kesalingan. Tiada cinta yang saling menekan dan memaksakan.

"Cinta adalah dialog antara dua aku; yang memaksakan kehendaknya enggan berdialog, bukan cinta namanya. Karena itu, jangan pernah memaksakan siapa yang Anda cintai untuk menjadi seperti Anda. Karena kalau menjadikannya seperti Anda, dialognya tidak akan terjadi," tutur Quraish Shihab.

Mahligai cinta tertinggi, ungkap Quraish Shihab, adalah saat cinta itu besumber dari Tuhan. Cinta yang diperoleh melalui proses pendekatan diri kepada Tuhan merupakan sebenar-benarnya cinta. Ketika hendak memilih orang yang dicintai, lihatlah bagaimana hubungannya dengan Tuhan.

"Kalau Anda ingin dicintai Tuhan, berdoa pada-Nya: ‘Tuhan luluhkan hatinya agar dia mencintaiku.' Tanpa itu, bukan cinta namanya, tetapi nafsu,” ujar Quraish Shihab.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Dalil Seputar Maulid Nabi Muhammad SAW

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:19 WIB

5 Pilihan Amalan saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:26 WIB

4 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:18 WIB

Bacaan Niat Sholat Subuh beserta Doa Setelah Sholat

Jumat, 15 Oktober 2021 | 00:32 WIB

Sedang Jatuh Cinta? Ini Nasihat Prof Quraish Shihab

Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:45 WIB
X