Bagaimana Hukum dan Hadis Mengucapkan Amin Bagi Makmum Saat Sholat Berjamaah

- Rabu, 3 November 2021 | 14:10 WIB
ilustrasi sholat jumat (freepik)
ilustrasi sholat jumat (freepik)

 

AYOINDONESIA.COM-- Bagaimana hukummnya mengucapkan Amin setelah imam shalat membaca Surah Al-Fatihah. Biasanya makmum mengucapkan amin dengan suara lantang maupun perlahan. Bagaimana landasan hukumnya?

Dilansir Republika, Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjelaskan, membaca amin setelah imam membacakan Surah Al-Fatihah dalam sholat hukumnya sunah. Amin dikeraskan dalam sholat jahr dan dilunakan dalam sholat sirr. Makmum mengeraskan bacaan amin mengikuti imam, sedangkan kata amin sendiri berarti perkenankanlah, Ya Allah.

Baca Juga: Bacaan Doa Usai Sholat Tahajud Serta Niat Sholat Tahajud

Baca Juga: Doa dan Niat Sholat Istikharah Serta Tata Caranya, ada Latin dan Terjemahan
Dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang dari kalian membaca amin dan pada saat yang sama malaikat langit juga membaca amin sehingga keduanya terjadi bersamaan, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,”.

Dalam hadits lain, Abu Hurairah meriwayatkan bahwasannya Nabi berkata, “Apabila imam mengucapkan amin, ucapkan pula amin. Orang yang ucapan aminnya bertepatan dengan aminnya malaikat diampuni dosa-dosanya yang terdahulu,”.

Imam Abu Dawud menyebutkan pula riwayat bahwa Abu Hurairah berujar, “Setelah membaca ghairil-maghdhubi alaihim waladdhaalin, Rasulullah SAW membaca amin. Bacaan amin beliau terdengar oleh jamaah di shaf pertama,”.

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Terkini

Aturan Qadha Puasa yang Mesti Kita Ketahui

Jumat, 13 Mei 2022 | 13:02 WIB

Khutbah Jumat Singkat : Soleh Setelah Ramadhan

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:11 WIB
X