Mengenal Peradaban Islam di Spanyol, Asal Negara Barcelona

- Kamis, 25 November 2021 | 10:59 WIB
Spanyol. (Pixabay)
Spanyol. (Pixabay)

 

AYOINDONESIA.COM -- Spanyol adalah sebuah negara yang pernah ditaklukkan oleh Islam. Ketika Islam masuk ke Spanyol, negeri ini banyak mengalami peradaban yang pesat baik dari kebudayaan maupun pendidikan Islam.

Menjadi negara asal dari Barcelona, klub sepak bola profesional, Spanyol tentu menarik untuk dikenal dari segi peradaban Islamnya.

Berdasarkan jurnal "Masuknya Islam di Spanyol" oleh Rusniati, Islam pertama kali masuk ke Spanyol pada tahun 711 M melalui jalur Afrika Utara. Sebelum kedatangan Islam, Spanyol dikenal dengan nama Iberia / Asbania kemudian disebut Andalusia. Pemerintahan Islam yang pertama kali menduduki Spanyol adalah Khalifah Al-Walid dari Bani Umayyah (705 – 715M) yang berpusat di Damaskus.

Baca Juga: Arti Bulan Desember dan Asal-usul Nama di Kalender

Berdasarkan jurnal "Peradaban Islam di Andalusia (Spanyol)" oleh Nur Dinah Fauziah dan Muhammad Mujtaba tahun 2016, dalam sejarah penguasaan Spanyol ada tiga pahlawan Islam yang paling berjasa dalam proses penaklukan Spanyol, yaitu Tharif Ibnu Malik, Thariq Ibnu Ziyad, dan Musa ibn Ibnu Nushair.

Berdasarkan jurnal "Peradaban Islam di Spanyol dan Pengaruhnya terhadap Peradaban Barat" oleh Ubadah tahun 2008, pendidikan Islam di Spanyol terbagi ke dalam dua tingkat, yaitu Kuttab dan al-Ma’had al-Ali.

Kuttab merupakan lembaga pendidikan pesantren atau halaqah atau pengajian tradisional. Pada lembaga pendidikan ini para siswa mempelajari beberapa bidang studi meliputi fiqih, bahasa dan sastra, serta musik dan kesenian.

Al-Ma’had al-Ali merupakan pendidikan tinggi atau universitas. Pada lembaga pendidikan ini para siswa mempelajari beberapa bidang studi meliputi filsafat, sains, kependidikan, kepustakaan, dan sejarah.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Surat Al Fatihah : Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan

Minggu, 28 November 2021 | 09:24 WIB

Logo Muktamar ke 34 NU: Makna dan Filosofinya

Jumat, 26 November 2021 | 16:23 WIB
X