Ini Waktu Terbaik untuk Bersedekah, Akan Didoakan oleh 2 Malaikat

- Kamis, 25 November 2021 | 15:40 WIB
Sedekah. (Freepik)
Sedekah. (Freepik)

AYOINDONESIA.COM -- Sedekah atau shodaqoh adalah memberikan sesuatu kepada orang yang sedang membutuhkan. Bersedekah bisa diberikan dalam bentuk uang maupun barang.

Umat muslim sangat dianjurkan untuk ringan dalam bersedekah. Sebab, terdapat banyak keutamaan, manfaat, serta pahala untuk orang yang rajin bersedekah, yang diniatkan dengan ikhlas hanya mengharap ridha Allah SWT.

Kapan waktu yang tepat untuk bersedekah? Apakah harus pagi setelah salat Subuh, atau saat hari-hari tertentu? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Kawin Kontrak Cenderung Transaksional. DPR Minta Kemenag Hapus Kawin Kontrak

1. Sedekah pada waktu sehat

Menurut Buya Yahya, pengasuh channel TV Al Bahjah dengan tegas menyatakan bahwa sedekah yang paling baik adalah yang dilakukan pada waktu sehat dan diniatkan untuk mendapat ridha Allah SWT.

Mengapa? Karena pada waktu sehat, kita akan lebih mudah mencari rezeki dan bisa membagikannya kepada orang lain yang lebih membutuhkan. “Waktu yang paling baik untuk bersedekah tentu saja saat kita masih sehat. Karena, saat seseorang sakit, mungkin saja sedekah tersebut hanya suatu upaya untuk menyembuhkannya dari penyakit,” terang Buya Yahya.

Jadi sedekah yang dilakukan saat sudah sakit itu, mungkin hanya suatu upaya dalam “merayu” Allah SWT.

Dijelaskan oleh Buya Yahya, merayu yang dimaksudkan adalah ada keinginan pada dirinya untuk memohon agar Allah mmberikan kesembuhan atas sakitnya. Hal itu berarti juga, kita bersedekah karena ada tujuan tertentu. Untuk itu, disarankan agar melakukan sedekah saat masih sehat.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Surat Al Fatihah : Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan

Minggu, 28 November 2021 | 09:24 WIB

Logo Muktamar ke 34 NU: Makna dan Filosofinya

Jumat, 26 November 2021 | 16:23 WIB
X