Tempo Doeloe : Kaisar Gia King (Jiaqing) Mati Disambar Petir di Dalam Istananya

- Kamis, 25 November 2021 | 17:07 WIB
Tulisan tentang Kaisar Gia King (Jiaqing) dan 7 raja pemilik nama Alexander yang mati secara tidak wajar.  (Sin Po, 2 Februari 1935)
Tulisan tentang Kaisar Gia King (Jiaqing) dan 7 raja pemilik nama Alexander yang mati secara tidak wajar. (Sin Po, 2 Februari 1935)

AYOINDONESIA.COM—Cerita Kaisar Gia King yang mati karena disambar petir ini adalah tulisan tempo doeloe yang diambil dari mingguan Sin Po Special-Nummer No 618, 2 Februari 1935. Yakni dari tulisan berjudul “Radja-radja jang mati setjara loear biasa”. Linkn-nya bisa dibuka di sini.

Dalam tulisan tempo doeloe itu juga diceritakan tentang raja-raja yang mati secara aneh. Tak banyak, tapi matinya seperti orang kebanyakan.

Ada juga fakta aneh: kebanyakan raja yang mati tidak biasa itu namanya Alexander. Oleh karena itu sempat keluar anggapan bahwa nama Aleksander membawa sial.

Memang dari kematian yang aneh dari yang paling aneh adalah matinya Kaisar Gia King (Jiaqing) (1760-1820). Kaisar Gia King sudah dua kali hampir jadi korban pembunuhan. Rencana pembunuhan pertama terjadi pada 1803. Pembunuhnya, pemberontak bernama Chen De sudah berhasil masuk ke istana, tapi gagal.

Rencana pembunuhan kedua dilakukan pemberontak lain bernama Lin Qing. Lin Qing ini juga masuk istana. Beruntung nyawa Kaisar Gia King terselamatkan pengawalnya.

Baca Juga: Tempo Doeloe : Belanda Beli Manhattan Rp 60 Lalu Ditukar dengan Pulau Run di Laut Banda

Kedua pembunuh itu masuk dengan bersembunyi di antara pepohonan yang banyak berdiri di istana. Karena trauma pohon-pohon itu dijadikan tempat bersembunyi pembunuh, Kaisar Gia King memerintahkan untuk membabat habis pepohonan itu.

Lingkungan yang tidak berpepohonan itu malah menjadikan istana sebagai satu-satunya bangunan tinggi yang ramah untuk petir. Maka ketika kaisar sakit sepulangnya dari berburu, Kaisar Gia King tinggal di dalam istananya. Entah bagaimana ceritanya tiba-tiba geledek menyambar dan mengenai Kaisar Gia King.

7 Raja Bernama Alexander Mati Karena Dibunuh, Digigit Monyet, dan Jatuh dari Kuda

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dosa Ghibah Membuat Manusia 'Bangkrut' Semua Amalnya

Senin, 29 November 2021 | 11:57 WIB

Rasulullah Mendoakan Umatnya di Pagi Hari, Mengapa?

Senin, 29 November 2021 | 06:10 WIB

Surat Al Fatihah : Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan

Minggu, 28 November 2021 | 09:24 WIB
X