Amalan Agar Hisab Lebih Ringan, Rutin Lakukan Ini

- Selasa, 28 Desember 2021 | 17:59 WIB
mendoakan kebaikan pada sesama muslim (pexels)
mendoakan kebaikan pada sesama muslim (pexels)



AYOINDONESIA.COM--- Setiap orang yang meyakini akan adanya kehidupan setelah mati yakni kehidupan alam akhirat tentu sangat menginginkan bisa menikmati indahnya surga.

Sebagaimana janji Allah SWT dalam Al Quran:

“Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabb-mu dan mendapatkan Surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa.” [QS Ali ‘Imran: 133]

Sebelum masuk surga, semua orang akan dihisab seluruh perbuatannya ketika hidup di dunia. Hisab merupakan sebuah proses ketika amal dan dosa ditampakkan semuanya, amal baik dan amal buruk.

Baca Juga: Kalender Islam Lengkap 1443 H pada 2022, Termasuk Jadwal Puasa dan Lebaran

Disarikan dari berbagai sumber, berikut adalah golongan orang-orang yang akan masuk surge tanpa hisab:

1.Dari Abu Bakar r.a, Rasulullah SAW bersabda:

"Aku dianugerahi Allah 70.000 orang dari umatku masuk surga tanpa hisab. Wajah mereka tampak seperti bulan di malam purnama. Hati mereka semuanya sama. Lalu, aku memohon tambahan kepada Allah dan Allah menambahkan untukku setiap satu orang menjadi 70.000 orang." (HR. Ahmad).

2. Riwayat lain menyebutkan, di antara umat Rasulullah SAW yang masuk surga tanpa hisab, mereka juga tidak akan mendapat siksaan.

Dalam hal ini, Nabi Muhammad SAW bertanya kepada sahabatnya yang sedang berdiskusi membahas 70 ribu orang yang masuk surga tanpa hisab. Rasulullah bersabda:

“Persoalan apa yang sedang kalian diskusikan? Mereka pun bercerita, Wahai Rasulullah, kami bercerita, berdiskusi mengenai siapa yang termasuk 70 ribu orang yang masuk surga tanpa hisab dan azab itu?”

Nabi Muhammad SAW lalu bersabda: “Mereka itu adalah orang-orang yang tidak berjampi-jampi, melakukan ruqyah, dan tidak minta diruqyah. Mereka tidak meramal nasib. Dan kepada Allah, mereka bertawakal.”

Dijelaskan bahwa orang yang pergi ke dukun, misalnya berarti dia tidak tawakal. Apabila seseorang datang ke tempat ruqyah meski ruqyahnya syar’i, berarti yang bersangkutan kurang bertawakal kepada Allah SWT.

Jika orang itu yakin kepada Allah, maka cukuplah baginya berdoa kepada Allah dan meruqyah diri sendiri sebagaimana Rasulullah SAW meruqyah dirinya sendiri.

3. Dalam surat Al-Waqiah Allah SWT berfirman:

"Dan orang-orang yang beriman paling dahulu, mereka itulah yang didekatkan kepada Allah. Berada dalam jannah kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu,dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian." (QS. Al-Waqiah: 10-14).

4. Dalam sebuah hadits lainnya disebutkan bahwa ada tiga golongan orang mukmin yang pertama masuk surga.

Mereka adalah orang yang mati syahid, orang yang suci karena kesuciannya, dan hamba sahaya yang beribadah kepada Allah dengan baik, serta memberikan nasihan kepada tuannya.

Sedangkan bagi umat muslim secara umum ada amalan khusus yang bisa dirutinkan agar bisa masuk surge tanpa hisab.

Amalan itu adalah:

1. Selalu Mengingat Allah SWT

Mengingat Allah dapat dilakukan dengan berzikir. Rabi' Abdur Rauf Az-Zawawi dalam bukunya Al-Baqiyatus Shalihat mengatakan, zikir merupakan salah satu amalan abadi yang tidak merugikan.

2. Shalat Tepat Waktu

Abdul Nashir Balih dalam bukunya Masuk Surga Tanpa Hisab menjelaskan, bahwa orang yang menunaikan salat tepat waktu termasuk salah satu golongan orang yang masuk surga tanpa hisab.

Shalat tepat waktu juga termasuk satu dari tiga amalan yang amat dicintai Allah SWT.

Dalam sebuah hadits dari Abu Abdirrahman Abdullah bin Mas'ud r.a, dia bercerita:

"Aku pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, amal apa yang paling dicintai Allah? Beliau Rasulullah SAW menjawab: shalat pada waktunya. Lalu apa lagi? tanyaku. Beliau pun menjawab: Berbakti kepada kedua orang tua. Kemudian apa lagi? Maka beliau menjawab: Jihad di Jalan Allah.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

3. Meringankan Beban Orang Lain

Masih dalam buku yang sama, meringankan beban orang lain termasuk salah satu amalan yang akan memudahkan untuk masuk surga tanpa hisab.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dikatakan bahwa Allah ta'ala akan meringankan beban di dunia dan akhirat bagi orang yang meringankan beban orang lain.

Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia, maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan, maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim).

4. Membaca Doa Ini

Rasulullah SAW pernah mewasiatkan kepada Ali bin Abi Thalib, doa yang dapat membuat orang yang membacanya tidak akan dihisab oleh Allah.

Meski orang tersebut pernah melakukan perbuatan dosa pada masa lalu, kemudian bertobat dengan sungguh-sungguh lalu membaca doa ini, maka Allah tidak akan menghisab dosa-dosanya di masa lalu.

Adapun doa yang diajarkan adalah: “Allahumma barik liy fil mauti, wa fiymaa ba'dal mauti.”

Artinya: Ya Allah berikanlah keberkahan kepadaku ketika mati dan setelah mati.

Maka Allah tidak akan menghisab dosa yang pernah diperbuatnya ketika di dunia. Wallahu a'lam bissawab.

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membunuh Sadis Bukan Ajaran Islam

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:39 WIB

Amalan Istimewa di Hari Jumat, Banyaklah Berdoa

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:06 WIB

Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh, Puasa 13-15 Muharram

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:08 WIB

3 Keutamaan Membaca Surat Al Mulk Menurut Buya Yahya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:48 WIB

Hari Asyura, Ini Amalan di 10 Hari Bulan Muharram

Senin, 8 Agustus 2022 | 06:56 WIB
X