5 Situs Bersejarah di Madinah yang Biasa Dikunjungi Jamaah Umroh

- Kamis, 27 Januari 2022 | 09:44 WIB
Madinah merupakan kota suci kedua umat Islam setelah Mekkah. Di kota ini terdapat beberapa situs bersejarah yang berkaitan dengan perkembangan kebudayaan Islam (pixabay/konevi)
Madinah merupakan kota suci kedua umat Islam setelah Mekkah. Di kota ini terdapat beberapa situs bersejarah yang berkaitan dengan perkembangan kebudayaan Islam (pixabay/konevi)

 

AYOINDONESIA.COM -- Saat menjalankan ibadah umroh salah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan adalah mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota Madinah.

Madinah merupakan kota suci kedua umat Islam setelah Mekkah. Di kota ini terdapat beberapa situs bersejarah yang berkaitan dengan perkembangan kebudayaan Islam.

Pada zaman Rasulullah dan khulafaur rasyidin Madinah merupakan pusat pemerintahan.

Madinah memiliki keistimewaan yaitu menentramkan hati setiap orang yang mengunjunginya. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits.

إِنَّ الْإِيمَانَ لَيَأْرِزُ إِلَى الْمَدِينَةِ كَمَا تَأْرِزُ الْحَيَّةُ إِلَى جُحْرِهَا

"Sesungguhnya iman akan berkumpul di Madinah sebagaimana berkumpulnya ular ke sarangnya." (HR. Bukhari).

Di kota ini juga terdapat beberapa situs bersejarah yang bisa dikunjungi. Bagi para jamaah umroh yang berkunjung ke kota Madinah jangan sampai terlewatkan untuk mengunjunginya tempat-tempat tersebut.

Berikut 5 situs bersejarah di Madinah yang menjadi destinasi pada jamaah umroh, dikutip dari laman alamisharia.co.id:

  1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi dibangun pada tahun pertama Hijriyah. Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Rasulullah yang kemudian dilanjutkan oleh para sahabat yaitu Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aturan Qadha Puasa yang Mesti Kita Ketahui

Jumat, 13 Mei 2022 | 13:02 WIB

Khutbah Jumat Singkat : Soleh Setelah Ramadhan

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:11 WIB
X