12 Amalan Ringan pada Hari Jumat Penuh Berkah

- Jumat, 28 Januari 2022 | 11:14 WIB
Berdoa/ islami.co
Berdoa/ islami.co



AYOINDONESIA.COM--Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Muslim, hari tersebut merupakan hari raya umat Islam. Bahkan Nabi Muhammad SAW memberikan sejumlah tuntunan dalam memuliakan dan mengagungkan hari Jumat.

Dilansir Republika, Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Fikih Shalat menjelaskan, di antara petunjuk Nabi dalam memuliakan, mengagungkan, dan mengkhususkan hari Jumat adalah dengan melakukan ibadah-ibadah yang khusus dilakukan di hari Jumat yang tidak dilakukan di hari lainnya.

1. Sholawat Nabi
Pertama, dianjurkan memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW di hari Jumat dan di malam Jumatnya. Hal ini sebagaimana sabda Nabi, “Perbanyaklah oleh kalian bershalawat kepadaku di hari Jumat dan malam Jumatnya,”.
Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa Rasulullah menjadi tuannya para manusia, sedangkan hari Jumat itu merupakan tuannya hari-hari yang ada. Maka bershalawat di hari tersebut sangat dianjurkan sebab terdapat keistimewaan khusus yang tidak ada bandingannya di selain hari Jumat.

Baca Juga: Bacaan Surat Al Kahfi Ayat 1-25, Latin dan Terjemahan Cocok Dibaca Sebelum Jumatan

2. Mandi
Perintah untuk mandi di hari Jumat. Perintah ini merupakan perintah yang sangat dianjurkan. Wajibnya mandi Jumat lebih kuat daripada perintah wajibnya shalat witir, membaca basmalah dalam shalat, wajibnya berwudhu bagi yang menyentuh kemaluan, wajibnya berwudhu bagi yang tertawa terkekeh-kekeh dalam shalat, wajibnya wudhu bagi yang mimisan dan muntah.


3. Memakai wangi-wangian.
Memakai wangi-wangian di hari Jumat itu lebih utama daripada memakainya di selain hari Jumat dari seluruh hari yang ada dalam sepekan.

4. Bersiwak.
Bersiwak pada hari Jumat memiliki kelebihan yang tidak didapatkan saat bersiwak di selain hari Jumat.

5. Segera ke Masjid
Bersegera berangkat ke tempat sholat Jumat lebih awal guna menunaikan sholat.

6. Dzikir
Menyibukkan diri dengan sholat, berdzikir, dan membaca Alquran hingga imam keluar untuk khutbah dan sholat Jumat.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aturan Qadha Puasa yang Mesti Kita Ketahui

Jumat, 13 Mei 2022 | 13:02 WIB

Khutbah Jumat Singkat : Soleh Setelah Ramadhan

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:11 WIB
X