9 Amalan Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah Beserta Hadisnya

- Jumat, 28 Januari 2022 | 12:25 WIB
9 Amalan Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah Beserta Hadisnya (Ilustrasi/Herawati Ningsih)
9 Amalan Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah Beserta Hadisnya (Ilustrasi/Herawati Ningsih)

AYOINDONESIA.COM – Jumat adalah hari istimewa menurut Islam. Di hari Jumat terdapat banyak amalan yang patut kita amalkan sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Amalan hari Jumat telah ada sejak masa Rasulullah SAW. Mulai pada Kamis malam hingga Jumat sangat disayangkan jika umat Islam tidak mengamalkan apa saja amalan hari Jumat.

Berikut 9 amalan hari Jumat berserta hadisnya yang patut kita amalkan sebagai umat Islam agar mendapat pahala.

9 Amalan Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah Beserta Hadisnya

  1. Memperbanyak selawat Nabi

"Perbanyaklah selawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena selawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti," (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro).

  1. Memperbanyak zikir

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,” (QS Al-Jumu’ah: 9).

Baca Juga: 12 Amalan Ringan pada Hari Jumat Penuh Berkah

  1. Memperbanyak doa

“Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda: hari Jumat di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut,” (HR Bukhari).

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri salat lantas ia berdoa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta,” (HR Bukhari dan Muslim).

  1. Memperbanyak sedekah

Ibnu Qayyim Rahimahullah berkata: “Bahwasanya sedekah di hari Jumat dibandingkan semua hari dalam sepekan seperti sedekah di bulan Ramadan, dibandingkan bulan-bulan selainnya.”

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aturan Qadha Puasa yang Mesti Kita Ketahui

Jumat, 13 Mei 2022 | 13:02 WIB

Khutbah Jumat Singkat : Soleh Setelah Ramadhan

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:11 WIB
X