10 Adab Berdoa dalam Islam Menurut Al Quran dan Hadis

- Jumat, 13 Mei 2022 | 21:54 WIB
10 Adab Berdoa dalam Islam Menurut Al Quran dan Hadis(Ilustrasi/Pixabay)
10 Adab Berdoa dalam Islam Menurut Al Quran dan Hadis(Ilustrasi/Pixabay)

AYOINDONESIA.COM -- Islam adalah agama yang mengajarkan kita untuk hidup dengan mengedepankan adab dan akhlak dalam segala sesuatu, termasuk berdoa kepada Allah SWT.

Maksud adab kepada Allah, yakni bagaimana cara kita beradab saat berhadapan dengan lewat ibadah, saat kita berdoa, dan saat memujinya dan menguatkan iman kepadanya.

Sangat jelas, bahwa yang dijadikan patokan dalam adab adalah adab atau akhlak yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Sebagaimana dalam salah satu ayat Al Quran yang artinya, “ Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. AL-Ahzab (33) : 21).

Dengan kata lain, umat Islam memiliki sumber adab yaitu Al Quran dan Hadis.

Baca Juga: 5 Kumpulan Doa Akhir Ramadhan yang Diajarkan Rasulullah

Namun, ketika memanjatkan doa kepada Allah hendaklah disertai dengan adab. berdoa kepada Allah disunnahkan merendahkan suara serta beristighfar. Bertobat atas segala kekhilafan dengan sepenuh hati serta menanamkan keyakinan bahwa apa yang dihajatkan akan diijabah Allah SWT.

Selain itu, dalam memulai dan menutup doa, Hendaknya doa dibuka terlebih dahulu dengan dzikir dan pujian kepada Allah, serta ditutup dengan bacaan shalawat kepada Rasulullah SAW.

Sebagaimana ibadah lain, Islam juga mengatur adab dan etika ketika sedang berdoa. Agar yang dipanjatkan segera diijabah. Maka seorang muslim harus memperhatikan dan menerapkan adab-adab dalam berdoa.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aturan Qadha Puasa yang Mesti Kita Ketahui

Jumat, 13 Mei 2022 | 13:02 WIB

Khutbah Jumat Singkat : Soleh Setelah Ramadhan

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:11 WIB
X