Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis, dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

- Senin, 16 Mei 2022 | 05:17 WIB
Ilustrasi -- Puasa (istimewa)
Ilustrasi -- Puasa (istimewa)

AYOINDONESIA.COM - Berikut Bacaan Niat Puasa Senin Kamis yang merupakan salah satu puasa yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat.

Selain banyak manfaat dan keutamaannya, puasa Senin Kamis adalah salah satu puasa sunnah yang senantiasa dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan.

Ada beberapa dalil yang menerangkan tentang puasa Senin Kamis ini, salah satunya yaitu Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

"Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR. Tirmidzi).

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Mengenai keutamaan puasa Senin Kamis dijelaskan secara umum dalam sebuah Hadis Abu Hurairah, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

"Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai." (HR. Muslim no. 2565).

Selain hadis di atas, keutamaan dari puasa termasuk Senin Kamis ini sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadis.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi'.” (HR. Muslim).

Dari hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat 5 keutamaan puasa termasuk puasa Senin Kamis, yaitu:

1. Puasa adalah ibadah kepada Allah
2. Pahalanya sangat besar
3. Mendatangkan kebahagiaan ketika berbuka dan saat nanti berjumpa Allah
4. Sebagai jalan mengantarkan masuk surga
5. Orang yang berpuasa bau mulutnya lebih harum dari kasturi di hadapan Allah.

Yang tidak kalah pentingnya puasa adalah ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah, sehingga amalannya pun langsung diterima oleh Allah.

Dalam sebuah hadis disebutkan:

قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى

"Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), 'Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untukKu'." (HR. Bukhari).

Manfaat Puasa Senin Kamis

Ternyata puasa Senin Kamis ini banyak sekali manfaatnya baik bagi jasmani maupun rohani.

Mengutip laman kemuhammadiyahan.com, berikut manfaat dari puasa Senin Kamis.

1. Sarana mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala
2. Mengendalikan hawa nafsu sehingga menentramkan hati
3. Meningkatkan kedewasaan sikap dan mengontrol tingkah laku
4. Meningkatkan konsentrasi dalam berpikir
5. Meningkatkan kepekaan hati
6. Menyehatkan badan dan meningkatkan kekebalan tubuh
7. Sebagai cara diet yang aman bagi tubuh
8. Meningkatkan kepekaan sosial.

Masih banyak lagi manfaat dari puasa Senin Kamis yang bisa didapatkan. Yang paling utama adalah keikhlasan dan niat melaksanakannya karena Allah subhanahu wa ta'ala semata.

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Kurban bagi Anak Kecil yang Belum Baligh

Senin, 4 Juli 2022 | 16:05 WIB
X