Bolehkah Beri Nama Anak dengan Asmaul Husna?

- Rabu, 18 Mei 2022 | 14:56 WIB
Ilustrasi bayi -- baby blues (Pixabay)
Ilustrasi bayi -- baby blues (Pixabay)

AYOINDONESIA.COM – Asmaul Husna adalah nama-nama indah milik Allah SWT yang umumnya dikenal berjumlah 99. Jika Asmaul Husna Allah SWT digunakan untuk nama anak, bolehkah?

Asmaul Husna memiliki keistimewaan, yakni sebagai doa, wirid, dan zikir. Oleh demikian, umat muslim dianjurkan berdoa memohon kepada Allah SWT dengan menyebut Asmaul Husna (nama-nama terbaik).

Berdoa dengan menyebut Asmaul Husna Allah SWT tak ubahnya dengan mengharapkan kebaikan datang kepadanya dan melindungi diri dari segala keburukan.

Nama-nama baik dari Asmaul Husna inilah yang dianggap baik pula untuk dijadikan nama anak bagi para orang tua. Namun, bolehkah Asmaul Husna milik Allah SWT digunakan untuk nama anak?

Di artikel ini akan dibahas mengenai bolehkah Asmaul Husna milik Allah SWT digunakan untuk nama anak? Simak penjelasan berikut ini.

Asmaul Husna Allah SWT dibagi menjadi dua jenis, yaitu nama-nama khusus milik Allah SWT dan nama-nama tidak khusus untuk Allah SWT.

Nama-nama khusus milik Allah SWT

Nama-nama khusus yang hanya milik Allah SWT dan tidak boleh digunakan oleh makhluk ciptaan-Nya termasuk untuk nama anak, antara lain Ar-Rahman (Maha Pengasih), Al-Khaliq (Maha Pencipta), Al-Bari (Maha Melepaskan), Al-Qayyum (Maha Mandiri), Ar-Razzaq (Maha Pemberi Rezeki), Ash-Shamad (Maha Dibutuhkan atau tempat meminta), Al-Ahad (Maha Esa), Al-Mutakabbir (Maha Megah), Al-Maliku (Maha Merajai/ Memerintah), Malikul mulki (Maha Penguasa Kerajaan atau semesta), dan lain-lain.

إِنَّ أَخْنَعَ اسْمٍ عِنْدَ اللَّهِ رَجُلٌ تَسَمَّى مَلِكَ الْأَمْلَاكِ… لَا مَالِكَ إِلَّا اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ

“Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya nama yang paling hina di sisi Allah adalah seseorang yang bernama Malikul Amlak (raja semua raja)... Tidak ada raja kecuali Allah SWT.”

Halaman:

Editor: Firda Puri

Sumber: AyoBandung.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Kurban bagi Anak Kecil yang Belum Baligh

Senin, 4 Juli 2022 | 16:05 WIB
X