IDUL ADHA 2022: Bolehkah Kurban untuk Anak Kecil yang Belum Baligh?

- Selasa, 14 Juni 2022 | 12:50 WIB
Ilustrasi syarat kurban saat Idul Adha. (PEXELS/fatma-yavan)
Ilustrasi syarat kurban saat Idul Adha. (PEXELS/fatma-yavan)

AYOINDONESIA.COM—Pada Hari Raya Idul Adha 2022, umat Muslim diwajibkan ibadah kurban bagi yang mampu. Selain untuk diri sendiri, bisakah kurban untuk anak yang belum akil baligh?

Kurban berasal dari kata Qurb atau Qurban yang berarti 'dekat'. Sedangkan penulisan qurban dengan imbuhan alif dan nun bermakna 'kesempurnaan'.

Sehingga qurban atau kurban adalah 'kedekatan yang sempurna'. Atau dalam makna lainnya, kurban berarti menyembelih hewan untuk melaksanakan perintah Allah SWT sekaligus mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Dilansir Suara.com, menurut Ustaz Erick Yusuf menjelaskan bahwa anak yang belum akil baligh berarti belum mukallaf atau belum terbebani aturan dan kewajiban dalam agama. Misalnya, belum dibebankan salat, puasa, termasuk berkurban.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah, niat puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah jelang Idul Adha 2022

Meskipun anak belum diwajibkan berkurban, namun jika si anak memang mampu membeli hewan kurban maka diperbolehkan untuk ikut berkurban atas nama si kecil.

Ustaz Erick Yusuf menambahkan, anak yang belum mukallaf dan belum dibebankan salat tapi dia salat maka akan menjadi pahala baik untuknya. Namun, jika sang anak tidak salat, itu juga tidak meninggalkan dosa untuknya.

Memilih Hewan Kurban

Pendapat serupa diutarakan oleh beberapa ulama yakni Malik, Ahmad dan beberapa ulama lainnya yang menyebut bahwa Nabi Muhammad SAW menyembelih seekor kambing untuk dirinya dan keluarganya. Hadis Riwayat (HR) Nabi juga mengatakan bahwa Nabi pernah menyembelih dua ekor domba dan ketika menyembelih salah satunya, Nabi berucap, "Ya Allah ini dari Muhammad dan keluarga Muhammad.” (Majmu’ Fatawa juz VI hal 181 Maktabah Syamilah).

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh, Puasa 13-15 Muharram

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:08 WIB

3 Keutamaan Membaca Surat Al Mulk Menurut Buya Yahya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:48 WIB

Hari Asyura, Ini Amalan di 10 Hari Bulan Muharram

Senin, 8 Agustus 2022 | 06:56 WIB

Naskah Khutbah Jumat Singkat: Makna Kemerdekaan

Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:09 WIB

Doa yang Diajurkan Dibaca Setelah Sholat Tahajud

Selasa, 2 Agustus 2022 | 14:16 WIB

Anjuran Sholat Tasbih di Awal Tahun Baru Hijriyah

Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:41 WIB
X