Naskah Khutbah Jumat Singkat: Pertimbangan Utama saat Menunaikan Ibadah Haji

- Jumat, 24 Juni 2022 | 08:18 WIB
Naskah Khutbah Jumat Singkat: Pertimbangan Utama saat Menunaikan Ibadah Haji (Instagram Ridwam Kamil))
Naskah Khutbah Jumat Singkat: Pertimbangan Utama saat Menunaikan Ibadah Haji (Instagram Ridwam Kamil))

AYOINDONESIA.COM -- Naskah materi khutbah Jumat kali ini mengambil judul "Pertimbangan Utama saat Menunaikan Ibadah Haji".

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang cukup berat, mengingat butuh kesiapan baik fisik, mental maupun finansial untuk melaksanakannya.

Meski haji merupakan rukun Islam yang kelima, namun kewajiban melaksanakannya hanya untuk orang-orang yang mampu seperti yang sudah disinggung di atas.

Dilihat dari ilmu ekonomi, ibadah haji adalah kebutuhan bagi mereka yang telah mampu dan karenanya harus dipenuhi. Sedangkan bagi mereka yang belum mampu, ibadah haji hanyalah keinginan sehingga tidak wajib dipenuhi.

Baca Juga: Niat Sholat Dhuha dan Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Untuk membahas lebih mendalam mengenai hal tersebut, berikut kita simak uraian materi khutbah Jumat singkat dengan judul "Pertimbangan Utama saat Menunaikan Ibadah Haji", dilansir dari NU Online Jatim.

Khutbah I

الحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه،

اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ: فَيَاأيُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ،

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Pengusir Jin seperti yang Diajarkan Jibril

Senin, 27 Juni 2022 | 16:25 WIB

Badal Haji Disiapkan, Begini Syaratnya

Jumat, 24 Juni 2022 | 16:42 WIB

Doa-Doa Memohon Anak yang Saleh dan Salehah

Kamis, 23 Juni 2022 | 16:15 WIB

Doa Sholat Tahajud Sesuai NU dan Muhammadiyah

Rabu, 22 Juni 2022 | 20:09 WIB
X