Warga Arab Saudi Terkesan dengan Jemaah Calon Haji Indonesia: Paling Tertib dan Mudah Diatur

- Minggu, 3 Juli 2022 | 10:57 WIB
Warga Arab Saudi Terkesan dengan Jemaah Calon Haji Indonesia (kemenag.go.id)
Warga Arab Saudi Terkesan dengan Jemaah Calon Haji Indonesia (kemenag.go.id)

AYOINDONESIA.COM -- Keberadaan jemaah calon haji asal Indonesia memberikan kesan tersendiri bagi warga Arab Saudi. Mereka mengaku terkesan dengan sikap para calon haji Indonesia.

Dari penuturan warga Arab Saudi yang bertugas menyambut di Terminal Haji Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, mereka mendapat kesan baik dari jemaah calon haji Indonesia.

Para pekerja dari Syarikah Al Wukala yang bertugas memberikan pelayanan di Bandara, memberikan kesaksian bahwa jemaah calon haji Indonesia dinilai paling mudah diatur.

Menurut mereka, jemaah calon haji Indonesia paling tertib dibandingkan dengan jemaah asal negara lain saat tiba di terminal haji.

"Jemaah Indonesia itu orangnya lebih beradab, sopan santun, rajin beribadah, dan tertib," ujar Ibrahim, salah seorang pekerja Syarikah Al Wukala,  kepada tim Media Center Haji (MCH), Jumat, 1 Juli 2022, seperti dikutip dari laman Kemenag RI.

Selain itu, dalam proses imigrasi juga tidak ada masalah. Semua berjalan lancar tanpa kendala.

Menurut Umar dan Ibrahim, selaku pekerja Syarikah Al Wukala,  jemaah calon haji Indonesia memahami aturan yang diterapkan di bandara. Mereka semuanya tertib saat keluar imigrasi hingga bus.

"Jemaah Indonesia tidak perlu banyak diatur. Mereka sudah tertib, sopan santun, kemudian bisa memahami aturan di sini dari sejak keluar imigrasi sampai masuk bus," kata Ibrahim yang warga asli Arab Saudi.

Sebagai informasi, Al Wukala adalah konsorsium di bawah Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang bertugas melayani jemaah calon haji dari berbagai negara yang tiba di bandara.

Mengutip dari laman Haji Kemenag, saat ini jumlah jemaah haji Indonesia yang tiba di Arab Saudi sebanyak 90.195 orang.

Baca Juga: 8 Orang yang Didoakan Malaikat, Salah Satunya Sholat di Shaf Terdepan

Para jemaah calon haji tiba di dua bandara yang berbeda, yaitu Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdulaziz (AMMA), Madinah, dan Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA), Jeddah. (Arman)

Sumber Tulisan: kemenag.go.id

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 30 September 2022 | 06:19 WIB

6 Makna di Balik Logo Hari Santri 2022

Rabu, 28 September 2022 | 13:16 WIB

Menguap saat Sholat Apakah Batal?

Jumat, 23 September 2022 | 06:20 WIB
X