Sejauh Mana Batasan Orang Disebut Mampu Berkurban? Ini Penjelasannya

- Senin, 4 Juli 2022 | 15:42 WIB
Ilustrasi hewan kurban. (Brilliant Awalludin)
Ilustrasi hewan kurban. (Brilliant Awalludin)

AYOINDONESIA.COM -- Ibadah kurban memiliki nilai hikmah yang sangat besar, di antaranya adalah berbagi kegembiraan kepada mereka yang membutuhkan, memperkuat tali persaudaraan di antara umat Muslim, dan menanamkan rasa kasih sayang di antara mereka.

Ibadah kurban merupakan salah satu ibadah sunah yang sangat dianjurkan, Allah subhanahu wata'ala berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka shalatlah kepada Tuhanmu dan sembelihlah hewan kurban”(QS al Kautsar ayat 2).

Namun, kesunahan ini tidak berlaku bagi setiap orang, melainkan bagi mereka yang masuk ke dalam kategori orang mampu, sehingga bagi mereka yang tidak tergolong mampu, tidak dituntut melakukan kurban. Lantas sejauh mana batasan orang yang mampu berkurban?

Disarikan dari artikel "Batasan Orang Disebut Mampu Berkurban" yang ditulis oleh Ustadz M. Mubasysyarum Bih yang dimuat di NU Online, ada dua pendapat tentang hal ini:

Pertama, seseorang dikatakan mampu apabila ia memiliki dana yang cukup dibuat kurban yang melebihi kebutuhannya dan orang-orang yang wajib ia nafkahi, selama hari raya kurban dan tiga hari tasyriq setelahnya (tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah).

Jadi, seseorang yang mempunyai uang senilai harga hewan kurban, tetapi kebutuhan pokok bagi dirinya dan pihak yang wajib dinafkahi akan kekurangan di saat hari raya Idul Adha atau hari tasyriq, maka ia bukan tergolong mampu berkurban.

Kedua, ada sebagian ulama yang hanya mensyaratkan harta yang ia gunakan untuk berkurban melebihi kebutuhan nafkah wajib di saat hari dan malam Idul Adha saja.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 30 September 2022 | 06:19 WIB

6 Makna di Balik Logo Hari Santri 2022

Rabu, 28 September 2022 | 13:16 WIB

Menguap saat Sholat Apakah Batal?

Jumat, 23 September 2022 | 06:20 WIB
X