Naskah Khutbah Jumat: Menyambut Hari Asyura dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:26 WIB
Menyambut HUT RI ke-77. (Ayobandung.com)
Menyambut HUT RI ke-77. (Ayobandung.com)

AYOINDONESIA.COM -- Naskah khutbah Jumat kali ini berisi tentang pesan yang relevan untuk dua momen penting yang berbeda tapi punya titik kesamaan, yakni Asyura dan HUT Kemerdekaan ke 77 RI.

Kedua tema ini mengingatkan kita tentang nilai jihad, perjuangan, dan kemerdekaan sejati, baik dalam konteks melawan hawa nafsu sendiri maupun penjajahan luar.

Naskah khutbah Jumat kali dikutip dari NU Online yang berjudul "Khutbah Jumat: Asyura dan Kemerdekaan".

Khutbah I

الحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّيْ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِيْ كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمْۚ اِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيْمٌ (الحج: ١)

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Mengawali khutbah pada siang hari yang penuh keberkahan ini, khatib berwasiat kepada kita semua untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah subhanahu wata’ala dengan senantiasa berupaya melakukan semua kewajiban dan meninggalkan semua larangan.

Kaum Muslimin yang berbahagia,

Sebentar lagi kita akan menyambut dan menyongsong dua hari besar yang saling berdekatan. Hari Rabu, 17 Agustus yang akan datang kita akan memperingati Hari Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, hari paling bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 30 September 2022 | 06:19 WIB

6 Makna di Balik Logo Hari Santri 2022

Rabu, 28 September 2022 | 13:16 WIB

Menguap saat Sholat Apakah Batal?

Jumat, 23 September 2022 | 06:20 WIB

Sholat Dzuhur Perempuan di Hari Jumat Kapan Waktunya?

Jumat, 16 September 2022 | 11:08 WIB
X