Ini Arti Gelar CBE yang Diterima Almarhum Prof Azyumardi Azra dari Mendiang Ratu Elizabeth

- Minggu, 18 September 2022 | 16:09 WIB
Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra ( Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)
Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra ( Suara.com/Dwi Bowo Raharjo)

AYOINDINESIA.COM – Cendikiawan Muslim sekaligus Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra meninggal dunia Minggu 18 September 2022. Pemikir berdarah Minang ini memiliki gelar CBE.

Salah satu penghargaan tertinggi yang diterima Azyumardi Azra adalah gelar Commander of the Order of the British Empire atau CBE. Ia meraih gelar "Sir", yang merupakan gelar Kerajaan Inggris yang diberikan oleh Ratu Elizabeth II.

Menyadur dari BBC, seperti ditulis suara.com, jaringan Ayo Media Network, CBE adalah penghargaan Kerajaan Inggris dengan peringkat tertinggi, diikuti oleh OBE dan kemudian MBE.

Pengargaan ini diciptakan oleh Raja George V selama Perang Dunia I untuk menghargai jasa upaya perang oleh orang-orang yang membantu di Inggris (yaitu tidak di garis depan).

Dengan Perang Dunia pertama yang berlangsung lebih lama dari yang diharapkan, tidak ada cara yang cocok untuk menghargai jasa dari warga sipil di rumah dan prajurit sendiri, selain menciptakan penghargaan Orders of the British Empire yang terdiri dari lima tatanan, termasuk CBE.

Seiiring dengan berjalannya waktu, penghargaan CBE diberikan kepada orang-orang yang telah memberikan dampak positif dalam pekerjaan mereka.

CBE diberikan kepada individu yang memiliki peran penting di tingkat nasional, atau peran utama di tingkat regional. Selain itu, CBE juga dianugerahkan untuk mereka yang berkontribusi yang luar biasa dan inovatif di bidang apa pun.

Sejumlah tokoh yang juga mendapatkan gelar CBE adalah Stephen Hawking, Harold Pinter, Hugh Laurie, Jonny Wilkinson hingga Helena Bonham Carter.

Azyumardi Azra Meninggal Karena Serangan Jantung

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Sumber: suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 30 September 2022 | 06:19 WIB

6 Makna di Balik Logo Hari Santri 2022

Rabu, 28 September 2022 | 13:16 WIB

Menguap saat Sholat Apakah Batal?

Jumat, 23 September 2022 | 06:20 WIB

Sholat Dzuhur Perempuan di Hari Jumat Kapan Waktunya?

Jumat, 16 September 2022 | 11:08 WIB
X