3 Perbuatan Manusia yang Bisa Mendatangkan Kerusakan, Ini Menurut Mbah Moen

- Rabu, 21 September 2022 | 09:10 WIB
Mbah Moen
Mbah Moen

AYOINDONESIA.COM -- Kerusakan alam maupun lingkungan bisa berasal dari mana saja. Tetapi, kata Mbah Moen, manusia sendirilah yang paling sering mendatangkan kerusakan.

Manusia memiliki akal dan pikirin, tetapi ada perbuatan manusia yang bisa mendatangkan kerusakan?

Dilansir AyoJakarta.com, jejaring Ayoindonesia.com dari kanal YouTube Ziip Production, membagikan video ceramah Mbah Moen perihal kerusakan alam akibat ulah manusia.

Menurutnya, manusia bisa dibilang memiliki pemikiran yang menyimpang. Lalu apa saja perbuatan manusia yang bisa mendatangkan kerusakan?

Baca Juga: One Piece Chapter 1061 Reddit Spoiler : Bajak Laut Topi Jerami Tiba di Pulau Salju Vegapunk ! Rahasia DF Nika

1. Serakah

Menurut KBBI, serakah artinya selalu hendak memiliki lebih dari yang dimiliki. Maknanya, manusia cenderung tidak selalu puas dan tidak bersyukur atas nikmat dan takdir yang telah Allah berikan padanya.

Oleh karena itu, tak banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang mereka ingingkan.

“Sekarang bumi yang menjadi pokok. Butuh supaya kuat dikasih gunung. Eh, gunungnya dihabiskan,” ujar Mbah Moen dalam ceramahnya. “Karena bisa menghasilkan uang, makanya dijual gunungnya,” tambahnya.

Contoh dari manusia yang serakah adalah dengan menghabiskan kekayaan alam yang menjadi pondasi dan kekuatan bumi untuk terus bertahan.

Demi memenuhi rasa ketidakpuasan mereka, gunung-gunung dibabat habis. Akibatnya banyak hewan yang turun gunung karena tidak memiliki tempat tinggal lagi.

Bencana alam pun datang.

2. Manusia yang tidak bisa menahan hawa nafsu

Manusia memang normal jika ia memiliki hawa nafsu. Tetapi Allah SWT memerintahkan umatnya untuk bisa menahan hawa nafsunya.

“Jadi menuruti hawa nafsu, menuruti setan, menuruti ajakan yang apa tidak sesuai dengan hukum syariat adalah kerusakan yang paling besa,” Ucap Mbah Moen.

3. Orang menganggur

Menganggur berarti tidak memiliki pekerjaan. Menganggur adalah tidak melakukan apa-apa, tidak bekerja sudah berbulan-bulan.

Tidak bekerja tetapi dia masih ada usaha mencari pekerjaan itu masih bisa dikatakan tidak menganggur, karena masih ada usaha.

Tetapi orang yang benar-benar menganggur tidak memiliki niat atau usaha untuk mencari pekerjaan dan hanya pasrah, dialah yang menjadikan orang menganggur itu bahaya.

Baca Juga: Jelang Laga FIFA Match Day Lawan Curacao 24 September, Timnas Indonesia Jalani Latihan Perdana di Bandung

Hal itu karena seperti yang dikatakan oleh Mbah Moen, orang menganggur itu biasanya pikirannya sedang tidak baik. Maka, tak jarang bagi mereka memiliki pikiran untuk mencuri, menipu, dan kejahatan lainnya karena alasan himpitan ekonomi.

Itulah perbuatan manusia yang bisa mendatangkan kerusakan kata Mbah Moen. (Linda Wati)


Caption foto: Perbuatan Manusia yang Bisa Mendatangkan Kerusakan Kata Mbah Moen

Sumber berita : YouTube Ziip Production

Sumber foto : Instagram @khmaimunzubair

by Linda Wati

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Jumat, 30 September 2022 | 06:19 WIB

6 Makna di Balik Logo Hari Santri 2022

Rabu, 28 September 2022 | 13:16 WIB

Menguap saat Sholat Apakah Batal?

Jumat, 23 September 2022 | 06:20 WIB

Sholat Dzuhur Perempuan di Hari Jumat Kapan Waktunya?

Jumat, 16 September 2022 | 11:08 WIB
X