Pelatihan Menulis Artikel tentang Rasulullah: Lomba Literasi Sirah Nabi 'Semua Membacanya 2022'

- Senin, 17 Oktober 2022 | 17:29 WIB
Dalam rangka menyambut kelahiran Nabi Muhammad Saw., majalah Mata Air kembali mengadakan perhelatan lomba Semua Membacanya 2022. (Istimewa)
Dalam rangka menyambut kelahiran Nabi Muhammad Saw., majalah Mata Air kembali mengadakan perhelatan lomba Semua Membacanya 2022. (Istimewa)

AYOINDONESIA.COM -- Dalam rangka menyambut kelahiran Nabi Muhammad Saw., majalah Mata Air kembali mengadakan perhelatan lomba Semua Membacanya 2022.

Terdapat sedikit pembaharuan format pada lomba tahun ini. Jika pada 2 tahun sebelumnya, peserta diminta untuk membaca buku sirah yang telah dipilihkan panitia, maka pada tahun ini, peserta diminta untuk menuliskannya. 

Demi memfasilitasi peserta dalam mengembangkan kemampuan menulisnya, maka panitia mengundang pemateri H. Habiburrahman El-Shirazy, Lc., Pg.D., penulis terkenal Indonesia yang populer dengan novel penggugah jiwa “Ayat-ayat Cinta”, untuk memberikan pelatihan menulis secara online dengan aplikasi zoom. 

Penulis yang populer disapa Kang Abik di sesi pertama ini menekankan pada niat yang kuat, keberanian (untuk menulis), dan kekuatan jiwa atau urgensi idealisme yang ingin diperjuangkan.

Menurutnya, ketiga modal ini akan meninggalkan jejak spirit dari setiap karya yang ditulis. Ketiga modal ini merupakan investasi pertama yang perlu diusahakan setiap calon penulis supaya bisa menjadi penggubah yang andal. 

Selain itu, karena para peserta akan menulis tentang Rasulullah, Kang Abik mengingatkan supaya kita memahami dengan baik cara berinteraksi dengan hadis, sunah dan kisah tentang Rasulullah. Karena kita dilarang berdusta atas nama Rasulullah

Pelatihan menulis ini juga akan kembali dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2022 dengan pengisi Ustaz Ahmad Husain Fahasbu, penulis dari buku “Sirah Unik Sahabat: Dan Arsy pun Bergetar” dengan harapan para peserta lomba dapat memaksimalkan potensi mereka dalam menuliskan apa yang telah mereka baca dari buku sirah Nabi.

Pendaftaran lomba masih dibuka hingga 7 November 2022 nanti di tautan berikut: klik di sini. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Cara Sikapi Perbedaan Tafsir Al-Quran

Selasa, 7 Februari 2023 | 05:17 WIB

Keutamaan Isra Miraj, Bagaimana Cara Mengamalkannya?

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:55 WIB
X