8 Cara Mempertahankan batarai Ponsel Awet dan Tahan Lama, Gak Gampang Ngedrop

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:40 WIB
Ilustrasi HP yang sedang dicharger. (Pexels)
Ilustrasi HP yang sedang dicharger. (Pexels)

 

AYOINDONESIA.COM-- Jika baterai ponsel anda cepat habis, mungkin ada yang salah dalam perawatannya. Bagaimana cara menjaga baterai ponsel agar awet dan tahan lama ? Semua baterai memiliki tanggal kedaluwarsa. Hal yang sama juga berlaku untuk baterai ponsel pintar. Namun, cara Anda menggunakan ponsel cerdas juga sangat menentukan daya tahan baterai. Kebiasaan pengisian daya serta pengisi daya memainkan peran penting. Misalnya, membiarkan ponsel Anda diisi daya sepanjang malam akan merusak kesehatan baterai dalam jangka panjang. Demikian pula, menggunakan pengisi daya murah akan berbahaya untuk ponsel Anda.

Baca Juga: Mulai 1 November 54 HP Ini Tidak Bisa Akses WhatsApp, Ada Samsung dan iPhone

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menjaga baterai ponsel agar awet dan tahan lama :

1. Hindari Charger Dengan Harga Murah

Tips pertama cara menjaga baterai ponsel agar awat adalah dengan memperhatikan kualitas charger. Banyak charger ponsel murah dengan embel-embel fast charging atau dengan janji manis mempercepat pengisian daya. Hindari pengisi daya murah dari produsen yang tidak dikenal. Mereka tidak termasuk mekanisme keselamatan untuk melindungi terhadap fluktuasi dan pengisian berlebih. Kegagalan adaptor dapat merusak baterai dan telepon secara permanen. Lebih baik anda mengeluarkan dana lebih untuk menjaga kesehatan baterai ponsel anda, dari pada mengeluarkan dana ekstra lebih untuk ponsel baru akibat charger murahan.

2. Lepaskan case pelindung telepon saat mengisi daya

Tips kedua cara menjaga baterai ponsel agar awat adalah agar Anda melepas pelindung telepon saat mengisi daya. Merupakan hal yang alami bagi baterai untuk menjadi sedikit hangat, tetapi kasing dapat bertindak sebagai penghalang dan memperlambat pembuangan panas. jika memungkinkan, balikkan telepon dan letakkan di atas kain lembut untuk melindungi layar. Ketika waktu pengisian daya, kecil sekali kemungkinannya ponsel anda jatuh. Jadi tidak ada salahnya anda melepas pengaman ponsel (case) saat pengisian daya.

Baca Juga: Cara Membuat Google Form Melalui HP tanpa Desktop, Mudah dan Cepat

3. Fast Charging tidak selalu baik untuk baterai ponsel

Selalu menggunakan pengisi daya cepat atau fast charging mungkin bukan yang terbaik untuk kesehatan baterai Anda. Proses ini melibatkan tegangan yang lebih tinggi untuk dikirim ke baterai ponsel, yang menghasilkan kenaikan suhu yang cepat. Pilihlah siklus pengisian normal jika ponsel cerdas Anda menyediakan opsi ini dalam pengaturan baterainya. Atau, beralihlah ke pengisi daya reguler yang sesuai dan disetujui pabrikan ponsel anda.

4. Jangan biarkan ponsel Anda terisi daya sepanjang malam

Jangan biarkan ponsel Anda terisi daya sepanjang malam. Pengisian yang berlebihan merusak kesehatan baterai. Jika anda berniat untuk mengisi daya saat anda tidur, pastikan charger anda memiliki fitur auto off untuk menghentikan pengisian daya ketika daya baterai sudah penuh. Namun jika anda tidak memilikinya, disarankan untuk tidak melakukan pengisian daya ponsel ketika anda tidur dan meninggalkannya hingga pagi menjelang.

Halaman:

Editor: Asep Dadan Muhanda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagu Friends- BTS Menjadi OST Film Marvel Eternals

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:07 WIB

3 Film Cocok Ditonton Saat Memperingati Hari Santri

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:15 WIB

Lakukan 4 Hal Ini Jika Kamu Buntu Ide Saat Menulis

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:27 WIB
X