Fakta dan Sejarah World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia 14 Oktober 2021

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:52 WIB
Fakta dan Sejarah World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia 14 Oktober 2021 (Ayoindonesia.com/Johdan Ahmet Adi Permana)
Fakta dan Sejarah World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia 14 Oktober 2021 (Ayoindonesia.com/Johdan Ahmet Adi Permana)

AYOINDONESIA.COM--World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia diperingati pada 14 Oktober mengusung tema sama setiap tahun, yaitu 'Love Your Eyes' atau 'Cintai Matamu'.

Hari Penglihatan Sedunia merupakan sebuah peringatan untuk dunia internasional yang fokus pada gangguan penglihatan mata termasuk kebutaan.

Berdasarkan catatan WHO, sebanyak 1 miliar orang mengalami gangguan pada penglihatan baik jarak jauh maupun dekat, dan itu dirasakan dari segala usia dengan usia mayoritas di atas 50 tahun.

Baca Juga: Hari Penglihatan Sedunia, Ini Tips Menjaga Kesehatan Mata

Sejarah Hari Penglihatan Sedunia diperingati pada 8 Oktober 1998. Saat itu, Lions Club International bekerja sama dengan organisasi pencegah kebutaan di seluruh dunia memperingati hari tersebut.

Hari Penglihatan Sedunia pada awalnya diprakarsai oleh Sight First Campaign dari Lions Club Fondation pada 2000.

Program inisiatif berskala global kembali dikoordinasikan oleh Badan International untuk Pencegahan Kebutaan (IAPB) dan WHO diintegrasikan ke dalam Vision 2020 yang melibatkan organisasi, asosiasi serta lembaga non-pemerintahan di seluruh negara.

Baca Juga: Hari Penglihatan Sedunia 14 Oktober, 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Selama bertahun-tahun WHO, PBB, IAPB, dan Lions Club International telah berperan aktif untuk mempromosikan World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagu Friends- BTS Menjadi OST Film Marvel Eternals

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:07 WIB

3 Film Cocok Ditonton Saat Memperingati Hari Santri

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:15 WIB

Lakukan 4 Hal Ini Jika Kamu Buntu Ide Saat Menulis

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:27 WIB
X