Ratus Vagina Sebabkan Keputihan, Mitos atau Fakta?

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:57 WIB
Ratus Vagina Sebabkan Keputihan, Mitos atau Fakta. (Freepik)
Ratus Vagina Sebabkan Keputihan, Mitos atau Fakta. (Freepik)

AYOINDONESIA.COM - Simak penjelasan mitos atau fakta mengenai dugaan ratus vagina menyebabkan keputihan.

dr. Sara Elise Wijono MRes mengatakan ratus vagina adalah perawatan daerah kewanitaan secara tradisional yang cukup populer. Perawatan ini menggunakan metode pengasapan secara langsung ke dalam area kewanitaan.

Bahan yang digunakan untuk proses pengasapan ratus vagina biasanya terdiri dari herbal alami, seperti kunyit, bunga mawar, temulawak, pala, dan sejenisnya. Bahan-bahan herbal ini akan ‘dimasak’ menggunakan panci hingga mengeluarkan asap.

Kemudian, di atas panci tersebut diletakkan kursi dengan dudukan berlubang agar asap hasil pembakaran dapat menjangkau vagina secara langsung. Setelah itu, wanita diminta untuk duduk di kursi yang telah disediakan selama kurang lebih 30 menit.

Di balik sederet manfaat yang diyakini sebagian orang, ada pula beberapa pihak yang menganggap bahwa ratus vagina bisa menjadi penyebab keputihan tidak normal. Benarkah hal ini?

Ratus Vagina, Benarkah Menyebabkan Keputihan?

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ratus vagina mengharuskan seorang wanita duduk menggunakan kursi khusus di atas bakaran bahan-bahan herbal. Hal ini dikhawatirkan dapat memicu timbulnya luka bakar pada area kewanitaan.

Bahkan, sebuah kasus tahun 2018 di Kanada melaporkan bahwa ratus vagina dapat menyebabkan luka bakar hingga area mulut rahim atau serviks.

Lantas, bagaimana dengan kabar tentang ratus vagina dapat menjadi penyebab keputihan?

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Sumber: Klikdokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagu Friends- BTS Menjadi OST Film Marvel Eternals

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:07 WIB

3 Film Cocok Ditonton Saat Memperingati Hari Santri

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:15 WIB

Lakukan 4 Hal Ini Jika Kamu Buntu Ide Saat Menulis

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:27 WIB
X