5 Amalan Sunnah Sebelum Tidur yang Dicontohkan Rasulullah

- Kamis, 18 November 2021 | 05:32 WIB
Man is asleep in cozy white bed at night, handsome young guy sleeping at home with wearable electronic device smart watch on his wrist for sleep tracking, monitoring heart rate for healthcare ( freepik)
Man is asleep in cozy white bed at night, handsome young guy sleeping at home with wearable electronic device smart watch on his wrist for sleep tracking, monitoring heart rate for healthcare ( freepik)

AYOINDONESIA.COM -- Amalan sunah ini dianjurkan sebelum tidur sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Tidur merupakan salah satu istirahat terbaik bagi tubuh yang dapat mengembalikan energi. Maka itu ada amalan sunnah yang mesti kita lakukan sebelum tidur.

Setiap orang membutuhkan istirahat agar pikiran dan tubuhnya kembali segar. Ada baiknya kita melakukan amalan sunnah sebelum tidur. Saat tidur otak akan membersihkan racun-racun tidak berguna yang terbentuk ketika kita berpikir seharian.

Dalam ajaran Islam terdapat beberapa amalan sunah yang dilakukan sebelum tidur yang mesti kamu ketahui. Amalan ini dianjurkan sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW.

1. Berwudhu sebelum tidur

Berwudhu merupakan salah satu amalan sunnah yang dicontohkan Rasul sebelum tidur. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:

"Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu," (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

Menurut Imam Nahrawi, berwudhu sebelum tidur agar tidur tetap dalam keadaan suci dari hadas. Sebab kematian dapat menghampiri kita kapan saja, termasuk saat tidur.

Baca Juga: Kegiatan Surveilans PTM Tahap Kedua Dimulai Pekan Depan, Orang Tua Siswa Diharapkan Tak Menolak

2. Mengibas tempat tidur

Sebelum beranjak ke tempat tidur disunahkan untuk mengibas atau membersihkan tempat tidur terlebih dahulu. Hal ini berdasarkan pada hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Jika salah seorang di antara kamu hendak mendatangi tempat tidurnya, hendaknya ia mengibas kasurnya dengan bagian dalam sarungnya, karena ia tidak mengetahui apa yang ada padanya, kemudian mengucapkan: 'Bismika rabbi wadha'tu janbii' (Dengan nama-Mu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku)."

3. Membaca doa sebelum tidur

Amalan sunah selanjutnya adalah membaca doa sebelum tidur, yaitu:

"Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuut”

Artinya: "Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati."

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Wilayah - Wilayah Indonesia pada 18 November 2021

4. Membaca ayat kursi

Membaca Ayat Kursi sebelum tidur memiliki keutamaan yaitu Allah melindungi kita dari gangguan setan hingga pagi harinya.

Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW:

"Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta'ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi," (HR. Bukhari).

5. Membaca surat pendek

Surat pendek yang dimaksud adalah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Ketiga surat ini tak pernah lupa diucapkan oleh Rasulullah sebelum tidur.

Baca Juga: Anak Berseragam Sekolah dilarang Masuk Pusat Perbelanjaan di Mal, Pengelola Diminta Kooperatif

Dari Aisyah Radhiyallahu Anhu:

"Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ke tempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali." (HR. Muslim).

Dengan menjalankan amalan ini, tidur kita bukan hanya sekedar istirahat melainkan bernilai ibadah.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X