Peninjauan Wajib Militer BTS Dihentikan Majelis Nasional, Jin Mendaftar Tahun Depan?

- Kamis, 25 November 2021 | 17:07 WIB
BTS/ amas ig
BTS/ amas ig

JAKARTA, AYOINDONESIA - Sebuah subkomite komite pertahanan Majelis Nasional Korea Selatan menghentikan pembahasan tentang perubahan Undang-Undang Layanan Militer yang disebut undang-undang BTS, Kamis 25 November.

Subkomite membahas apakah negara harus memberikan pengecualian dinas militer kepada artis pop yang telah membantu meningkatkan posisi globalnya. RUU itu jika disahkan akan memungkinkan bintang K-pop untuk bekerja di bidang mereka selama 34 bulan di bawah program alternatif alih-alih melakukan layanan tugas aktif selama 18 hingga 22 bulan seperti biasa.

"Perdebatan antara partai yang berkuasa dan oposisi tentang pro dan kontra dari perubahan itu semakin intens. Oleh karena itu, subkomite perlu mendengar lebih banyak pendapat dari publik dan membahas masalah ini lebih lanjut." Ungkap seorang pejabat subkomite.

BACA JUGA: Lagu Yours Milik Jin BTS Jadi Urutan Pertama Paling Banyak Didownload di Korea

"Kementerian Pertahanan menekankan perlunya "kehati-hatian", di tengah populasi negara yang menyusut dan faktor lainnya, negara tersebut perlu berhati-hati dalam membuat keputusan yang dapat mengecualikan BTS artis K-pop yang mendunia dan artis top lainnya dari dinas militer." Lanjutnya.

“Kami tidak bisa tidak mempertimbangkan variabel situasional ketika harus merevisi RUU tersebut. Kesepakatan publik juga diperlukan. Pembicaraan ini tentang dinas militer yang adil.” Ucao Boo Seung chan, juru bicara kementerian, mengatakan selama konferensi pers reguler.

BACA JUGA: Nasib Wajib Militer BTS Akan Diputuskan Minggu Ini

Di bawah undang-undang saat ini, semua pria Korea yang berbadan sehat, wajib untuk mengikuti wajib militer. Namun dengan rekomendasi menteri kebudayaan, atlet peraih penghargaan internasional dan musisi klasik dapat menyelesaikan pengabdiannya sambil tetap aktif secara profesional. Tiga anggota parlemen mengusulkan undang-undang awal tahun ini yang meminta pengecualian itu berlaku untuk seniman yang lebih luas.

Jika undang-undang tersebut direvisi, BTS dapat dibebaskan dari dinas militer sebagai pengakuan atas kontribusinya terhadap citra negara. Namun, anggota tertua BTS, Jin, hanya dapat menunda wajib militernya hingga akhir tahun, ketika ia berusia 30 tahun, di bawah revisi terbaru dari undang-undang yang mulai berlaku tahun lalu.

 

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X