Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil Agar Anak Menjadi Cerdas

- Selasa, 4 Januari 2022 | 06:27 WIB
Ilustrasi ibu hamil. (Pixabay)
Ilustrasi ibu hamil. (Pixabay)

 
AYOINDONESIA.COM -- Asupan makanan untuk ibu hamil dapat berpengaruh kepada kondisi anak yang akan dilahirkan, termasuk kecerdasan. Oleh karena itu, setiap ibu hamil sebaiknya mengonsumsi jenis-jenis makanan yang dikenal ampuh untuk meningkatkan kecerdasan otak anak yang masih di dalam kandungan.

Dilansir Ayo Indonesia dari Cord Life, berikut ini beberapa rekomendasi makanan untuk ibu yang sedang hamil untuk meningkatkan kecerdasan anak:

1. Konsumsi vitamin yang tepat

Mengonsumsi vitamin setiap hari dapat membantu ibu hamil untuk memperoleh keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan bayi. Salah satu vitamin yang dibutuhkan adalah asam folat dan B12 untuk kesehatan sel darah merah, vitamin C untuk memproduksi kolagen, vitamin D untuk tulang, dan zinc untuk perkembangan otak.

2. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran yang mengandung antioksidan dapat melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan. Akan lebih baik jika dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil. Pilihlah sayur-sayuran berdaun gelap, stroberi, prem, dan tomat untuk dikonsumsi. Pastikan juga untuk selalu mencuci semua buah dan sayuran untuk menghindari kuman.

3. Makanan yang kaya protein

Tubuh ibu hamil membutuhkan lebih banyak protein untuk membangun sel dan meningkatkan hormon bayi yang sedang ada di dalam kandungan. Daging sapi, ayam, dan telur adalah sumber protein terbaik untuk dikonsumsi. Selain itu, yogurt juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan asupan protein.

Untuk ibu hamil yang vegetarian, asupan protein bisa didapatkan dari kacang kedelai, kacang merah, brokoli, kubis, dan bayam.

4. Makanan yang mengandung banyak zat besi

Asupan zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk meningkatkan oksigen yang disalurkan ke bayi. Perlu diketahui bahwa kurangnya asupan oksigen dapat membuat IQ anak menjadi lebih rendah. Makanan yang mengandung banyak zat besi di antaranya daging merah, ayam, dan kacang-kacangan.

5. Makanan yang kaya zat tembaga

Tembaga adalah nutrisi yang sangat penting untuk pengembangan kemampuan belajar dan berpikir pada otak anak yang sedang ada di dalam kandungan. Makanan yang kaya akan zat tembaga di antaranya kacang mete, alpukat, beras merah, terong, kacang hitam, bayam, kacang hijau, dan bit.

6. Makanan yang mengandung kolin

Peneliti dari Universitas North Carolina melakukan percobaan untuk mengetahui khasiat zat kolin dengan memberikan makanan yang berbeda kepada dua kelompok tikus. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa kelompok tikus yang mengonsumsi kolin memiliki proses penyempurnaan kemampuan daya ingat yang lebih baik ketimbang yang tidak.

Kolin yang dapat ditemukan dalam daging sapi, kacang-kacangan, dan telur ini pun dapat bermanfaat untuk kemampuan daya ingat bayi yang sedang dikandung oleh ibu hamil.

7. Makanan yang kaya DHA

Gangguan perkembangan otak bisa terjadi secara permanen jika saat di dalam kandungan, ibunya kekurangan zat DHA yang penting untuk kesehatan otak. DHA dapat ditemukan dalam jenis ikan-ikan tertentu seperti salmon, ikan cod, dan tuna. Kapsul minyak ikan pun memiliki kandungan DHA yang baik untuk perkembangan otak.

8. Waspadai kandungan merkuri

Ikan-ikanan memang dapat bermanfaat untuk kesehatan otak bayi. Namun, ada beberapa jenis ikan dengan kontaminasi merkuri yang bisa berbahaya untuk sistem saraf.

Jenis ikan yang mengandung banyak merkuri di antaranya hiu, tilefish, makerel, dan todak. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi ikan yang lebih rendah merkuri seperti salmon, lele, cod, dan patin.

9. Hindari alkohol dan rokok

Dalam jumlah sedang saja, alkohol sudah dapat membahayakan otak bayi yang sedang ada di dalam kandungan sehingga harus dihindari. Mengonsumsi minuman beralkohol saat hamil dapat menyebabkan anak mengalami masalah dalam kemampuan belajar, fokus, daya ingat, dan keterampilan sosial.

Sementara itu, merokok, baik aktif maupun pasif, dapat menghambat pertumbuhan otak bayi sehingga rokok pun harus diindari saat hamil. (Idham Nur Indrajaya)

Sumber: https://www.cordlife.co.id/en/right-diet-for-intelligent-kid

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X