7 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Omicron, Salah Satunya Es Krim

- Rabu, 12 Januari 2022 | 13:18 WIB
Perbedaan Es Krim dan Gelato. (Pixabay)
Perbedaan Es Krim dan Gelato. (Pixabay)

AYOINDONESIA.COM -- Varian Omicron menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 selama beberapa pekan terakhir. Bahkan, pada tanggal 3 Januari 2021, Amerika Serikat mencapai rekor tertinggi dengan  satu juta kasus yang terkonfirmasi akibat Omicron.

Sama seperti varian-varian sebelumnya, Omicron dapat diringankan gejalanya melalui vaksinasi. Orang yang sudah memperoleh vaksinasi dan terinfeski Omicron akan memiliki gejala yang berbeda dibandingkan yang belum mendapatkan vaksin.

Beberapa orang yang terinfeksi Omicron mengalami kesulitan untuk menentukan makanan yang akan dikonsumsi karena adanya penurunan selera. Gejala tenggorokan yang terasa sakit pun semakin mempersulit pasien untuk mengonsumsi makanan.

Masalahnya, asupan makanan adalah hal yang penting bagi orang yang sedang sakit, khususnya saat tubuh membutuhkan kemampuan sistem imun yang baik untuk melawan virus yang tengah menjangkit.

Baca Juga: Dokter Kulit Bagikan Cara Mengetes Skincare Baru Cocok untuk Kulit Atau Tidak

Baca Juga: Rencanakan Vaksin Dosis Keempat, Bos Moderna Dapat Kritik dari Ahli Kesehatan

Dilansir Ayo Indonesia dari Eat This, Dr. Robert G. Lahita, direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis buku Immunity Strong, membagikan tips mengenai makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi penderita Omicron, yakni sebagai berikut:

1. Yogurt

Salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi oleh penderita Omicron adalah yogurt. Sifatnya yang lembut, dingin, dan terasa enak di tenggorokan dapat lebih mudah dikonsumsi oleh pengidap Omicron. Protein di dalamnya pun dapat membuat kenyang.

"Saya telah menyarankan bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah memakan yogurt dan menambahkannya dengan granola.

Tambahkan juga pisang untuk asupan potasium. Pisangnya harus dipotong kecil-kecil karena akan sangat sulit bagi penderita Omicron untuk menelannya,” ujar dokter yang akrab disapa Dr. Bob itu.

2. Es krim

Mungkin terdengar tidak biasa, tetapi Dr. Bob mengatakan bahwa es krim sebenarnya bisa menjadi makanan yang cukup baik bagi orang yang sedang menderita rasa sakit di tenggorokannya.

“jika Anda tidak menderita diabetes, makanan lain yang baik untuk dikonsumsi adalah es krim, jenis makanan yang akan melewati tenggorokan Anda dengan mudah.

Es krim memberi Anda asupan glukosa dan protein, jadi Anda setidaknya bisa menjaga berat badan. Banyak orang yang mendapatkan Omicron atau Delta kadang-kadang kehilangan 9 hingga 13 kg, dan itu masalah besar,” ungkap Dr. Bob.

3. Minuman yang mengandung elektrolit

Khususnya bagi orang yang mengalami diare dan muntah-muntah, asupan cairan menjadi sangat penting untuk menjaga kadar kalium dan natrium dalam tubuh.

Baca Juga: Penyebab Makin Loyo Harga Bitcoin karena Kebijakan Sentral

Baca Juga: The Raid Akan Dibuat Ulang Versi Hollywood untuk Tayang di Netflix

4. Sup & kaldu

Makanan yang mudah untuk dikonsumsi saat tenggorokan sakit adalah sup atau kaldu. Selain mudah dikonsumsi, sup dan kaldu pun dapat memberikan asupan cairan yang cukup bagi penderita Omicron.

"Sup dan kaldu benar-benar pengganti elektrolit yang bagus," kata Dr. Bob.

Sup yang mencakup protein dan sayuran di dalamnya dapat membantu memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat melawan virus yang ada di dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X