Apa yang Harus Kita Lakukan Jika Kelenjar Getah Bening Bengkak Setelah Disuntik Vaksin Booster ?

- Jumat, 14 Januari 2022 | 06:06 WIB
Ilustrasi vaksinasi pelajar. (Ayo Indonesia)
Ilustrasi vaksinasi pelajar. (Ayo Indonesia)

AYOINDONESIA.COM -- Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di lengan setelah menerima vaksin booster ? Hal yang harus Anda lakukan adalah jangan khawatir.

Faktanya, meskipun Anda mungkin tidak mengalaminya dengan dosis awal vaksin, masih ada kemungkinan itu terjadi setelah suntikan booster.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), efek samping vaksin sebenarnya lebih umum muncul dari suntikan booster atau dosis tambahan daripada saat pemberian dosis awal vaksin Covid-19.

Namun, CDC mengatakan itu bukan efek samping yang perlu dikhawatirkan masyarakat.

"Pembengkakan ini adalah tanda normal bahwa tubuh Anda membangun perlindungan terhadap Covid-19," tulis situs web CDC, dilansir NBC Chicago, Kamis, 13 Januari 2022.

Baca Juga: Link Nonton Video Latihan Yoona SNSD dan Lee Junho 2PM Untuk Lagu Senorita

Menurut seorang dokter penyakit dalam dan direktur kesehatan populasi untuk Yale Medicine, Brita Roy, reaksi suntikan booster mirip dengan alasan dokter memeriksa pembengkakan kelenjar getah bening dengan radang tenggorokan atau infeksi flu untuk melihat apakah tubuh Anda meningkatkan respons kekebalan. Vaksinasi Covid-19 diberikan di lengan dan kelenjar getah bening terdekat adalah di bawah lengan, jadi di situlah reaksi terjadi.

"Ini benar-benar normal. Ini adalah sistem kekebalan Anda yang bereaksi terhadap vaksin, sebagaimana mestinya," kata Roy.

Namun, Anda harus berhati-hati sebelum melakukan mammogram setelah vaksinasi. CDC menjelaskan bahwa ada kemungkinan pembengkakan ini dapat menyebabkan pembacaan yang salah pada mammogram.

Beberapa ahli merekomendasikan untuk melakukan mammogram sebelum divaksinasi atau menunggu empat hingga enam minggu setelah mendapatkan vaksin. Para ahli menekankan seseorang harus mendiskusikan dengan dokter mengenai waktu tepat mendapatkan mammogram setelah vaksinasi.

Apa saja efek samping lain dari suntikan vaksin booster Covid-19? CDC menjabarkan kondisi seperti demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri di tempat suntikan adalah efek samping yang paling sering dilaporkan terkait dengan pemberian booster.

Baca Juga: Kasus Korupsi LPEI : Kejagung Kembali Tetapkan 2 Tersangka Baru

Secara keseluruhan, sebagian besar efek sampingnya ringan hingga sedang. Namun, seperti pada seri primer dua dosis atau dosis tunggal, efek samping yang serius jarang terjadi, meskipun dapat saja terjadi.

Demikian informasi tentang hal yang harus Anda lakukan jika Kelenjar Getah Bening Bengkak Setelah Disuntik Vaksin Booster Covid-19, dilansir dari Republika.co.id.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X