Kamu Merasa Insecure? Lakukan Cara Ini untuk Bangun Rasa Percaya Diri

- Jumat, 14 Januari 2022 | 18:08 WIB
Ilustrasi merasa insecure (freepik.com)
Ilustrasi merasa insecure (freepik.com)

JAKARTA, AYOINDONESIA.COM -- Insecure atau perasaan tidak aman terhadap suatu hal menjadi persoalan dalam hidup yang selalu ada. Terkadang manusia selalu membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, dan tidak berani untuk keluar dari zona nyaman.

Biasanya perasaan insecure muncul jika keadaan seseorang sedang tertekan dan merasa takut. Lalu ketika orang tersebut melihat orang lain yang lebih mampu, tentunya dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri.

Untuk menghilangkan kebiasaan insecure tersebut, alangkah baiknya membiasakan diri dengan cara self-talk. Maksudnya adalah, berbicara kepada diri sendiri dengan kata-kata yang positif dan membangun.

Baca Juga: Sejarah Masjid Raya Bandung, Dari Atap Tumpang Menjadi Kubah

Dengan self-talk, seseorang bisa meningkatkan kinerja dan memotivasi dirinya sendiri.

Contoh Self-Talk yang Positif

Berikut ini beberapa contoh kalimat self-talk, di antaranya:

l Seperti “Hai (nama kamu), standar kesuksesanmu itu tidak perlu diukur dengan orang lain kok, aku yakin kamu bisa melakukannya dengan caramu sendiri, semangat terus ya!”

l Untuk orang yang kurang percaya diri dengan penampilan, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “Hai (nama kamu), good looking bukanlah segalanya, yang terpenting adalah berperilaku yang baik, dan kamu pantas untuk dicintai.”

Baca Juga: Drama Korea Forecasting Love and Weather Rilis Video di Balik Layar

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekap Made in Abyss Season 2 Episode 6: The Luring

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:10 WIB
X