Kapankah Tahun Baru China 2022 dimulai? Simak Sejarah dan Tradisi Hari Raya Imlek

- Jumat, 28 Januari 2022 | 01:24 WIB
Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek. (ilustrasi Chinese New Year)
Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek. (ilustrasi Chinese New Year)

JAKARTA, AYOINDONESIA.COM -- Hari Raya Imlek atau Tahun Baru China 2022 jatuh pada 1 Februari 2022. Shio Macan Air menjadi penanda Tahun Baru Imlek tahun ini.

Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek 2022 di Indonesia ditentukan sebagai hari libur nasional sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) yang telah di tetapkan pada 2021.

Lantas bagaimana sejarah dan tradisi Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022 tahun ini?

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang 11th Gaon Chart Awards

Berikut adalah sejarah dan tradisi Hari Raya China atau Tahun Baru Imlek yang tahun ini diperingati pada 1 Februari 2022.

Sejarah Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek

Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek telah dilakukan sejak 3.500 tahun yang lalu. Mengutip China Highlights (26/1/2022), cerita dan mitos berpengaruh terhadap sejarah panjang Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek.

Binatang tahunan bernama Nian atau disebut juga monster Nian merupakan binatang dalam mitos China yang memakan ternak, tanaman, dan bahkan manusia pada malam tahun baru.

Konon diceritakan bahwa binatang ini takut dengan suara keras seperti petasan dan warna merah. Orang-orang yang tak ingin Nian memasuki rumah mereka, memasang lentera serba merah di jendela dan pintu.

Baca Juga: Hendak Nyalip Kendaraan, Mahasiswi di Tasikmalaya Tewas Terlintas Dump Truck

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X