Lama Tak Muncul di TV, Aliando Didiagnosa Mengidap OCD Ekstrem

- Jumat, 28 Januari 2022 | 10:54 WIB
(foto: Instagram/@aliandooo)
(foto: Instagram/@aliandooo)
 
AYOINDONESIA.COM - Sosok Aliando Syarief sudah cukup lama tidak muncul di layar kaca. Aktor 25 tahun itu seperti menarik diri dari dunia entertainment. 
 
Saat live di Instagram pada Kamis (27/1/2022) Aliando memberikan update seputar kehidupannya setelah beberapa bulan menghilang. Ia juga menyampaikan kabar seputar dirinya agar tidak simpang siur.
 
Dalam live tersebut, Aliando mengaku bahwa dirinya tengah mengalami gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD). 
 
OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. 
 
 
Jika tidak dilakukan, penderita OCD akan diliputi rasa kecemasan dan ketakutan. 
 
Lawan main Prilly Latuconsina itu ternyata telah mengidap OCD selama dua tahun terakhir. Gangguan mental yang diderita oleh Aliando telah mencapai jenis yang ekstrem. 
 
Mengidap OCD membuat aktivitas sehari - hari Alindo Syarief terganggu, bahkan beberapa pekerjaannya pun harus dibatalkan. 
 
"2 tahun kena OCD, enggak bisa ngapa-ngapain dan susah untuk dipahami. Gue fokus kemana-mana, enggak sinkron pikiran dan otak. 2019 harusnya ada project lagi, tapi batal karena gue OCD," ungkap Aliando Syarief. 
 
Ketika mengalami gangguan tersebut, Aliando harus berulang kali melakukan sesuatu karena mengikuti pikiran yang tidak bisa dikendalikannya. 
 
"Ganggu banget. Gue lagi main tiba-tiba disuruh ngulang sama pikiran gue. Kalau enggak, akan ada yang celaka," tutur Aliando
 
Laki-laki kelahiran 1996 itu menceritakan bahwa dirinya sudah didiagnosa mengidap OCD ketika terlibat dalam sinetron Keajaiban Cinta. 
 
"2 tahun, jadi lihat ada beberapa adegan di project kemarin. Itu gue selalu menerka ada yang tahu enggak ya. Ada bebedapa adegan aneh, ada adegan gud ngobrol. Gue ngobrol begini (goyang kepala) dua kali," tuturnya. 
 
Saking parahnya gangguan ditambah dengan terkena COVID beberapa waktu lalu, Aliando Syarief sempat berkeinginan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. 
 
"Jadi sudah cukup enggak nyaman dengan kondisi, hampir bunuh diri tapi takut. Itu pertengahan kena COVID, kena OCD juga, gue depresi akut," kata Aliando.
 
Aliando Syarief mengungkapkan bahwa keinginan tersebut berasal dari khayalannya. Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan hal – hal aneh yang dapat membahayakan diri.
 
“Tapi kayak mati aja ah. Tapi serem banget. Berpikir bunuh diri ternyata khayalan juga. Jangan pernah melakukan tindakan yang aneh – aneh ya. Jangan ya!” tutup Aliando Syarief.
 
Akibat gangguan mental yang saat ini tengah dialaminya, Aliando Syarief memutuskan untuk vakum sejenak dari dunia entertainment sampai kondisinya membaik.
 
Tak hanya itu, ia juga meminta doa dari masyarakat agar kondisi mentalnya cepat pulih dan dapat beraktivitas seperti dulu.

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X