Mengintip Suasana Jelang Imlek di Kota Singkawang

- Jumat, 28 Januari 2022 | 15:38 WIB
Suasana jelang Imlek di Kota Singkawang/Reallyazika Jeanne
Suasana jelang Imlek di Kota Singkawang/Reallyazika Jeanne

AYOINDONESIA.COM – Tinggal beberapa hari, masyarakat Tionghoa di Kota Singkawang akan merayakan Tahun Baru China atau Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022.

Suasana jelang Imlek sangat terasa di setiap sudut kota, terlihat dari banyaknya lampion yang terpasang serta hiasan pernak pernik Imlek. Meski demikian, Festival Tatung dan berbagai acara yang mengundang kerumunan orang terpaksa ditiadakan karena pandemi Covid-19. 

Hal itu diungkapkan salah satu Ketua Panitia Perayaan Imlek Kota Singkawang Athong, dilansir berbagai sumber, Jumat 28 Januari 2022.

"Ini sebagai bentuk kepatuhan pada peraturan pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19," katanya. 

Antusiasme masyarakat Kota Singkawang tetap tinggi dalam menyambut Imlek. Terlihat dari  hiasan pernak-pernik yang terpasang di tiap rumah. Begitupun para pedagang yang menjadikan warna merah sebagai tema utama. 

Tak kalah menarik yaitu lampu dengan warna beraneka beragam terpasang di setiap sudut kota  menambah suasana meriah Tahun Baru Imlek 2022.

Berbeda dengan tahun 2020 silam, perayaan imlek di Kota Singkawang masuk Rekor MURI melalui replika pagoda terbesar di Indonesia.

Selain itu di tahun yang sama, Festival Cap Go Meh dan Tatung Kota Singkawang juga ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Walaupun tahun ini Festival Tatung ditiadakan, namun makanan khas Kota Singkawang seperti Choipan Tjhia, Rujak Thai Pui Jie serta Bakmi Ayam bisa sedikit jadi penghibur jelang perayaan Imlek

Halaman:

Editor: Firda Puri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X