Hidangan Keberuntungan untuk Tahun Baru Imlek

- Jumat, 28 Januari 2022 | 16:13 WIB
Berbagai hidangan Tahun Baru Imlek (Ilustrasi : Freepik)
Berbagai hidangan Tahun Baru Imlek (Ilustrasi : Freepik)

 

 

AYOINDONESIA.COM -- Tahun Baru Imlek tinggal menghitung hari. Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek tahun ini akan diperingati pada 1 Februari 2022. Biasanya ada berbagai hidangan yang disajikan saat Tahun Baru Imlek.

Menyiapkan hidangan Tahun Baru Imlek dianggap sebagai peristiwa yang kaya simbolisme, membawa kekayaan, kebahagiaan, keberuntungan, dan kemakmuran.

Saat perayaan Imlek, umumnya hidangan yang tersaji antara lain masakan ayam rumahan, kaki babi rebus, daging cincang dan sayuran dalam balutan daun selada, bebek asap teh, babi panggang dan sagu mutiara dengan melon.

Menyiapkan hidangan ini mungkin tampak seperti tugas yang berat. Namun begitu suasana Imlek membuat senang hati dan penuh kebahagiaan.

“Unggas harus dipotong, teripang, rebung, dan masih banyak lagi bahan-bahannya, harus dibersihkan, direbus, dan direbus kembali - prosesnya bisa memakan waktu beberapa hari,” ungkap S.C. Moey, penulis buku Chinese Feasts & Festivals - A Cookbook (2006), seperti dikutip AyoIndonesia.com dari South China Morning Post, Jumat, 28 Januari 2022.

Baca Juga: Mengintip Suasana Jelang Imlek di Kota Singkawang

Selain itu, ada beberapa hidangan simbolis yang selalu menghiasi meja makan selama perayaan Imlek. Hidangan-hidangan yang diyakini membawa kekayaan, keberuntungan atau kebersamaan keluarga, salah satunya bakmi.

Membuat hidangan Tahun Baru Imlek bisa menjadi tantangan bagi para penyuka kegiatan memasak.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X