Belajar dari Aliando Syarief, Simak Pengertian OCD dan Gejalanya

- Jumat, 28 Januari 2022 | 16:58 WIB
Ilustrasi orang mengidap OCD (freepik.com/stories)
Ilustrasi orang mengidap OCD (freepik.com/stories)

AYOINDONESIA.COM – Baru-baru ini aktor Indonesia, Aliando Syarief memberikan kabar terbarunya yang mengidap OCD esktrem. OCD yang dideritanya menyebabkan Aliando Syarief harus lama tak muncul di dunia hiburan tanah air.

Hal tersebut diberitahu langsung oleh Aliando Syarief saat melakukan siaran langsung Instagram pada Kamis, 27 Januari 2022 yang berlangsung selama berjam-jam lamanya. Di sepanjang siaran langsung, Aliando Syarief menceritakan tentang penyakitnya yang separah kelihatannya, sampai-sampai ia harus diam di rumah untuk melakukan terapi.

Belajar dari Aliando Syarief, mari kita mengenal apa itu OCD dan bagaimana cara menanganinya.

Perlu diingat! pengertian dan ulasan gejala ini tidak bisa dijadikan sebagai alat diagnosa apapun. Berkonsultasilah dengan psikolog atau psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Aliando Syarief Idap OCD Ekstrem, Mandi Harus Menghitung Rambut

Pengertian OCD

OCD (Obsessive Compulsive Disorder) merupakan gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang (kompulsif) dan obsesif.

Biasanya, orang yang mengidap OCD akan memiliki pikiran-pikiran di dalam otaknya yang membuatnya harus melakukan suatu tindakan tersebut.

Pikiran dan tindakan tersebut berada di luar kendali pengidap. Meski pengidap mungkin tidak ingin memikirkan atau melakukan hal tersebut, tetapi ia tidak berdaya untuk menghentikannya. Dengan kata lain, OCD dapat mempengaruhi secara signifikan kehidupan pengidapnya.

Lebih parahnya, jika hal tersebut tidak dilakukan, penderita akan mengalami rasa ketakutan dan kecemasan, bahkan sampai tidak sadarkan diri.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X