4 Manfaat Minum Kopi Hitam bagi Kesehatan Hati

- Selasa, 5 April 2022 | 04:38 WIB
minum kopi (thehealty.com)
minum kopi (thehealty.com)

AYOINDONESIA.COM -- Minum kopi hitam memiliki manfaat bagi kesehatan organ hati. Penjelasan mengenai hal tersebut akan dibahas dalam artikel ini.

Kopi hitam diketahui memiliki efek hepatoprotektif. Hal ini menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi hati dari kerusakan.

Berbagai studi mengenai manfaat kopi bagi kesehatan hati hanya menyoroti kebiasaan minum kopi hitam. Penambahan bahan-bahan lain, seperti krim atau gula, bisa mempengaruhi manfaat kesehatan dari minuman kopi.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa ada setidaknya empat manfaat minum kopi hitam bagi kesehatan hati. Berikut ini adalah keempat manfaat tersebut, seperti dilansir EatThis, Ahad, 3 April 2022.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Mimpi Basah Saat Puasa, Batalkah Ibadah Kita?

Melindungi Hati dari Fibrosis

Fibrosis hati merupakan kondisi serius yang disebabkan oleh terlalu banyaknya jaringan parut di hati. Seiring waktu, hal kondisi tersebut bisa mempengaruhi fungsi hati. Akan tetapi, fibrosis pada stadium yang ringan sering kali bisa diperbaiki melalui perubahan pola hidup dan obat-obatan.

Menurut studi dalam The Journal of Hepatology, minum kopi dan teh secara teratur bisa membantu menurunkan risiko fibrosis hati. Seperti diketahui, salah satu cara untuk mengetes fibrosis adalah dengan mengukur kekakuan hati. Berdasarkan studi ini, konsumsi kopi berkaitan dengan kekakuan hati yang lebih rendah. 

Menjaga Kadar Enzim Hati

Hati memiliki enzim-enzim yang dapat mempercepat beberapa proses di dalam tubuh, seperti memecah toksin, memproduksi empedu, dan membantu melawan infeksi. Namun bila terlalu banyak diproduksi, enzim-enzim tersebut bisa "bocor" dan masuk ke dalam aliran darah. Kondisi ini dapat menjadi tanda dari kerusakan atau penyakit hati.

Baca Juga: Link Download PDF Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Wilayah DIY Tahun 2022 dari Kemenag

Menurut sebuah studi, minum kopi dapat menurunkan konsentrasi enzim hati. Manfaat ini tampak lebih signifikan pada orang yang mengonsumsi banyak alkohol atau berisiko tinggi mengalami penyakit hati. 

Menurunkan Risiko Sirosis

Sirosis merupakan stadium paling berat dari fibrosis. Tak seperti fibrosis, sirosis merupakan kondisi yang tidak bisa diperbaiki kembali seperti sedia kala. Sirosis juga dapat memicu komplikasi kesehatan yang serius.

Kabar baiknya, konsumsi kopi tampak berkaitan dengan penurunan risiko sirosis, khususnya sirosis yang berkaitan dengan konsumsi alkohol. Konsumsi kopi juga dapat menurunkan risiko kematian akibat sirosis alkoholik.

Baca Juga: Bocoran Kunci Jawaban Terbaru Edisi TPS untuk UTBK SBMPTN 2022

Menekan Risiko Kanker dan Penyakit Hati

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa kebiasaan minum kopi dapat membantu menurunkan risiko kanker hati. Beberapa studi lain juga mengerti bahwa minum kopi tak hanya berpotensi menurunkan risiko kanker hati, tetapi juga memperlambat laju perkembangan penyakit hati pada sebagian kelompok.

Demikian informasi tentang empat manfaat minum kopi hitam bagi kesehatan hati, dilansir dari Republika.co.id. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Black Clover Chapter 334: Asta Melakukan Pembalasan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:16 WIB
X