Merinding! Kecamatan Glenmore dan Cerita Mistisnya Mulai Peninggalan Sejarah Hingga KKN di Desa Penari

- Jumat, 13 Mei 2022 | 21:50 WIB
Merinding! Kecamatan Glenmore dan Cerita Mistisnya Mulai Peninggalan Sejarah Hingga KKN di Desa Penari
Merinding! Kecamatan Glenmore dan Cerita Mistisnya Mulai Peninggalan Sejarah Hingga KKN di Desa Penari
AYOINDONESIA.COM -- Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur makin dicari usai disebut-sebut sebagai lokasi KKN di Desa Penari yang viral sejak penayangan perdananya.

Kendati belum pasti lokasi asli KKN di Desa Penari masih jadi misteri, Kecamatan Glenmore menjadi salah satu lokasi yang diyakini sebagai lokasi KKN enam mahasiswa dalam film tersebut.

Tak hanya KKN di Desa Penari, Kecamatan Glenmore yang memiliki kemiripan dengan nama-nama daerah di luar negeri pun menjadi sorotan.

Setidaknya ada 15 tempat menggunakan nama Glenmore. Terdapat 9 lokasi di Amerika, 4 lokasi di Irlandia, 1 di Australia, dan 1 lagi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dikutip dari berbagai sumber, Glenmore berarti kata 'glen' dan 'more'. Dalam bahasa Gaelik, bahasa asli Skotlandia, Glen berarti bukit, more berarti banyak.

Dengan kata lain, Glenmore adalah daerah yang berbukit-bukit. Karenanya, daerah dengan nama Glenmore memiliki kesamaan berupa daerah perbukitan.
 
Baca Juga: Spesifikasi HP Oppo A53 Mei 2022 Layar HD, Cocok untuk Nonton KKN di Desa Penari

Nama Glenmore merupakan nama yang diberikan pemerintah belanda. Pendudukan Belanda di daerah ini terbukti dengan sejumlah peninggalan sejarahnya.

Secara rinci, kaitan Glenmore dengan kisah KKN di Desa Penari belum pasti benar. Namun kisah-kisah mistis dan ulasan channel Youtube Topi Jerami mengungkap fakta mistisnya daerah tersebut.

Dusun dan desa lokasi KKN di Desa Penari pun belum bisa dideteksi secara pasti. Namun menyaksikan channel Youtube Topi Jerami ini seolah memang benar adanya Kecamatan Glenmore merupakan lokasi yang memiliki banyak kemiripan dengan lokasi yang diceritakan SimpleMan dalam utas Twitternya.

Rasa penasaran publik tak bisa dibendung, terutama sejak penayangan filmnya. Penelusuran lokasi asli KKN di Desa Penari terus dilakukan dan dicari.

Melalui channel Youtube Topi Jerami, ayoindonesia.com mengulas sejumlah hal yang memungkinkan Kecamatan Glenmore menjadi kandidat kuat sebagai lokasi KKN di Desa Penari.

Channel Youtube Topi Jerami menjadi salah satu akun Youtube yang cukup detail menjelaskan lokasi asli KKN di Desa Penari mendekati penjelasan SimpleMan dalam utas Twitter pertamanya sebagai penulis.

Bahkan, dari akun Youtube ini pun diketahui telah rilis informasi dari Tempo dan DetikNews pada 19 April 2010, mengenai puluhan siswa SMAN 1 Glenmore yang kesurupan.

Selain menjerit histeris, puluhan siswa SMA tersebut, memanggil nama Bima.

"Bima, Bima, kamu di mana. Aku ini pacarmu," teriak salah satu siswa yang kesurupan.

Belum dapat dibuktikan secara valid, namun nama seseorang yang disebut siswa yang tengah kesurupan tersebut merupakan nama salah satu tokoh dalam film KKN di Desa Penari yang diceritakan meninggal dunia.

Selain itu inisial nama daerah pun mewakili nama sekolah tersebut. Glenmore, menjadi nama yang kerap disebut selain Gumitir pada inisial daerah G.

Selain lokasi tersebut, petunjuk lokasi asli dalam kisah KKN di Desa Penari pun diulas dalam channel Youtube Topi Jerami yang rilis sekitar tahun 2021.

Secara kebetulan pula, tim narator dalam channel Youtube ini mirip dengan nama-nama tokoh dalam kisah KKN di Desa Penari.

Editor channel Youtube tersebut bernama Widya, screenplay oleh Anton, dan directed by Wahyu. Bisa jadi memang sebuah kebetulan, namun kecurigaan pun ditemukan di kolom komentar.

Video-video yang disajikan dalam channel Youtube Topi Jerami adalah lokasi yang diulang-ulang, bukan seperti channel Youtube lain yang sengaja menampilkan dengan jelas lokasi dan menyebutkan nama lokasi dengan gamblang.
 
Baca Juga: Seperti Nur KKN Desa Penari, 7 Weton Ini Didampingi oleh Khodam Berikut Ciri-Cirinya

Sedangkan, channel Youtube Topi Jerami, berkali-kali menyebutkan bahwa jika ada kesamaan hanyalah sebuah kebetulan.

Berikut rangkuman ayoindonesia.com terkait lokasi asli KKN di Desa penari berdasarkan paparan channel Youtube Topi Jerami:

1. Waktu

KKN di Desa penari diklaim terjadi pada 2009. Utas pertama tentang film horor yang kental dengan budaya Jawa ini ditulis pada 2019.

Film KKN di Desa penari tayang perdana 30 April 2022. Channel Youtube Topi Jerami rilis pada 2019. Sementara, pada 2010 beredar berita siswa SMAN 1 Glenmore kesurupan sambil meneriakkan nama Bima.

"Bima, Bima, kamu di mana. Aku ini pacarmu," teriak salah satu siswa yang kesurupan.

2. Tokoh

Nama-nama tokoh tercantum dalam channel Youtube Topi Jerami yang dibuat pada 2021. Editor channel Youtube tersebut bernama Widya, screenplay oleh Anton, dan directed by Wahyu.

3. Berbeda dengan channel Youtube lain

Channel Youtube Topi Jerami dikatakan berbeda dengan channnel Youtube lain. Pasalnya, jika channel Youtube lain yang membahas lokasi asli KKN di Desa Penari, channel Youtube Topi Jerami justru tetap merahasiakan nama lokasi.

Ia pun meminta kepada publik yang mengetahui lokasinya untuk tetap menjaga privasi nama daerah. Ini disampaikannya di akhir video Youtube-nya.

4. Bukan Gumitir, yang benar Glenmore

Jika sebelumnya Gumitir disebut-sebut sebagai lokasi kisah KKN di Desa Penari, sejumlah orang meyakini lokasinya adalah Glenmore.

Ini terbukti melalui komentar di channel Youtube Topi Jerami.

"Glenmore, rumah mertuaku asli sana.. mmg daerah situ haduhh merinding," tulis @ma*****

Tidak menampik, channel Youtube Topi Jerami menimpali dengan kekepoan.

"sepertinya tau rahasia sesuatu nih...bisa share disini mbal ... sorry kepo," tulis akun Topi Jerami.

5. Kesamaan kesaksian

Masih melalui kolom komentar, akun yang sama memberikan jawaban atas kekepoan akun Topi Jerami.

"enggak punya rahasia ya, Cuma aku mmg sedikit peka.. dan gamelannya jelas bgt pdhl siang.. bulu leher berdiri smw.. tp yg jelas dsana ada sswt," tulis @ma*****

6. Kebun Singkong di Tapak Tilas

Terdapat kebun singkong di lokasi tapak tilas persis seperti cerita KKN di Desa penari dimana Program Kerja atau Proker Bima dan Ayo adalah menanam ubi atau singkong.
 
Baca Juga: Sinopsis, Link Nonton dan Link Dowload Shooting Star Episode 7 Sub Indo Bukan Telegram dan LK21

7. Video diulang-ulang dalam beberapa part

Sejumlah komentar menyatakan jika channel ini merupakan channel asli dari orang-orang yang terlibat dalam kisah KKN di Desa Penari.

"Ada yg sadar gak videonya yang diambil buat dokumentasi mungkin ini video orinya dari tim kknya kemudian di dubbing sebagian ada yg ga di ikutin / dipotong demi privasi," @Ba*****

Sejumlah orang meyakini 99% lokasi yang disebutkan dalam channel Youtube ini adalah benar atau lokasi asli KKN di Desa Penari.

Menelisik dari yang disampaikan akun Topi Jerami dan kolom komentarnya, lokasinya berada di Glenmore dekat perbatasan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi.

Jika ditempuh dari kota S melalui kota J memakan waktu 4 hingga 5 jam. Kota S diprediksi sebagai Surabaya, J adalah Jember.

Namun, prediksi tersebut merupakan perkiraan semata. Belum dapat dipastikan lokasi tersebut sesuai dengan kisah yang diceritakan SimpleMan dalam KKN di Desa Penari.

Kecamatan Glenmore dan cerita mistisnya mulai peninggalan sejarah hingga kisah KKN di Desa Penari membuat merinding.***
 
 

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X