Gejala Cacar Monyet yang Sudah Terdeteksi di Australia

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi cacar monyet (Pixabay)
Ilustrasi cacar monyet (Pixabay)

AYOINDONESIA.COM – Kasus cacar monyet terkonfirmasi memasuki wilayah Australia tepatnya di Melbourne. Kasus tersebut diderita oleh seorang pria berusia 30 tahun-an yang baru saja melakukan perjalanan dari London pada 16 Mei.

Kasus cacar monyet dalam penyelidikan di seluruh Amerika Serikat (AS), Kanada, Eropa, dan Inggris di beberapa pekan terakhir ini. Pria Australia tersebut saat ini sedang dalam isolasi di Rumah Sakit Alfred dengan gejala ringan.

Sementara itu, kasus serupa juga terjadi pada seorang pria berusia 40 tahun-an di Sydney. Dia diduga terinfeksi virus cacar monyet ketika baru saja kembali dari Eropa.  

Chief Health Officer Kerry Chant mengatakan virus ini tidak harus direspon dengan kepanikan. Hal ini, kata dia, karena tingkat penularannya yang rendah antar manusia.

"Biasanya, Anda perlu melakukan kontak tatap muka yang cukup lama. Penyebaran virus ini tidak sama seperti Covid-19 atau flu dimana penularannya lebih cepat," kata Chant, dilansir dari ABC News, Jumat 20 Mei 2022.

Namun, Chant mendesak siapa pun yang baru saja kembali dari luar negeri untuk tetap waspada terhadap gejala potensial yang ditimbulkan akibat virus cacar monyet.

Apa saja gejala virus cacar monyet? Otoritas kesehatan Inggris (NHS) mengatakan diperlukan waktu lima hingga 21 hari untuk gejala cacar monyet muncul. Gejala pertama cacar monyet termasuk suhu tinggi, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, kelenjar bengkak, menggigil, dan kelelahan.

Ruam biasanya muncul satu hingga lima hari setelah gejala pertama, seringkali dimulai pada wajah sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ruam yang disebabkan karena virus cacar monyet dapat berubah menjadi lepuh kecil berisi cairan, yang akhirnya menjadi koreng.

Gejala biasanya hilang dalam dua sampai empat minggu, dan penyakitnya biasanya ringan. Namun beberapa kasus bisa menjadi parah, bahkan menyebabkan kematian di Afrika barat.

Halaman:

Editor: Firda Puri

Sumber: AyoIndonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenali 10 Manfaat Kaldu Jamur bagi Tubuh

Sabtu, 2 Juli 2022 | 19:55 WIB

Simak 4 Cara untuk Mengatasi Trauma Putus Cinta

Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:41 WIB
X