Hal yang Perlu Kamu Ketahui Soal Virus Cacar Monyet

- Rabu, 25 Mei 2022 | 12:28 WIB
Ada banyak Hal yang Perlu Kamu Ketahui Soal Virus Cacar Monyet (Pixabay)
Ada banyak Hal yang Perlu Kamu Ketahui Soal Virus Cacar Monyet (Pixabay)

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Soal Virus Cacar Monyet. Berikut informasi selengkapnya dalam artikel ini. Simak pembahasan selengkapnya.

AYOINDONESIA.COM -- Eropa dan Amerika sedang dilanda oleh penyakit lama yang bermula dari benua Afrika bernama cacar monyet. Kini, dua benua itu telah mengkonfirmasi ratusan kasus cacar monyet dan beberapa kasus yang diduga cacar monyet.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang harus diketahui soal kemunculan virus cacar monyet.

Apa itu cacar monyet ?

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis virus yang terjadi terutama di daerah hutan hujan tropis Afrika Tengah dan Barat, yang terkadang menyebar ke daerah lain di Afrika. Infeksi cacar monyet biasanya menyebabkan demam, ruam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi medis.

Cacar monyet ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak dekat dengan lesi, cairan tubuh, tetesan pernapasan dan bahan yang terkontaminasi seperti pakaian, tempat tidur, atau barang lain yang digunakan oleh pasien yang telah didiagnosis mengidap cacar monyet.

Baca Juga: 4 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Wajah, Mau Coba?

Dalam kebanyakan kasus, pasien cacar monyet biasanya bisa sembuh dalam dua hingga empat minggu tanpa perlu dirawat di rumah sakit. Namun, dalam beberapa kasus, cacar monyet juga bisa berakibat fatal, bahkan kematian.

Apakah ada pembatasan dan larangan perjalanan di negara-negara tertentu terutama yang sudah mengkonfirmasi kasus cacar monyet?
Saat ini, tidak ada negara yang menerapkan pembatasan dan larangan perjalanan soal menyebarnya virus cacar monyet. Namun, jika WHO mendeklarasikan keadaan darurat internasional untuk viruscacar monyet sama seperti Covid-19, banyak negara kemungkinan besar akan melakukan pembatasan dan larangan perjalanan dan perdagangan internasional.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Skin Karakter Paling Langka di Game Fall Guys

Senin, 4 Juli 2022 | 17:06 WIB
X