Cara Ampuh Makan Sop Kambing Tanpa Takut Tekanan Darah Tinggi, Dijamin Aman

- Senin, 11 Juli 2022 | 05:26 WIB
Sop Kambing khas betawi tanah abang, Jakarta Pusat. (Johdan A.A.P.)
Sop Kambing khas betawi tanah abang, Jakarta Pusat. (Johdan A.A.P.)

AYOINDONESIA.COM -- Adakah cara makan sop kambing tanpa khawatir tekanan darah tinggi menyerang tubuh kita? Pasalnya daging kurban juga kerap dijadikan sop terutama kambing.

Tetapi, sejumlah orang takut untuk mengonsumsi sop kambing saat Idul Adha karena khawatir tekanan darah tinggi menyerang tiba-tiba.

Namun ternyata, bukan daging kambing yang secara langsung menaikan tekanan darah. Akan tetapi kandungan garam dalam sop tersebut.

Dilansir dari Suara.com, Kemesterian Kesehatan RI menganjurkan batas aman konsumsi garam harian sebanyak satu sendok teh atau sekitar 5-6 gram. Garam tersebut tidak hanya berasal dari bubuk NaCl tapi juga dapat berasal dari kecap, salah satu bumbu utama atau penyedap hidangan daging kambing.

Dokter spesialis gizi Samuel Oetoro menjelaskan bahwa unsur Natrium atau Sodium (Na) dalam garam (NaCl) ialah elektrolit yang berfungsi mengatur air di dalam tubuh. Natrium dalam jumlah besar berarti semakin banyak air yang disimpan dalam pembuluh darah. Itulah yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

Baca Juga: Bocoran Jadwal Rilis dan Tempat Menonton Made in Abyss Season 2 Episode 2

Apabila hidangan sop kambing dimasak dengan satu sendok teh garam, berarti terkandung Natrium sebanyak 2 gram.

"Belum lagi, (dalam sop kambing) jiak tambahin lagi MSG, Monosodium Glutamat. Jadi berapa banyak natrium yang Anda makan," kata dokter Samuel, dikutip dari situs Kemenkes RI.

1. Jangan berlebihan menambahkan garam dan MSG

Ia menambahkan, mengonsumsi sop kambing sebenarnya tidak apa-apa, asalkan jangan berlebihan diberi garam. Baik itu dalam bentuk garam dapur maupun MSG.

"Terus pilihan dagingnya jangan yang berlemak, jangan jeroan," sarannya lagi.

2. Pakai Mugwort atau Baru Cina

Efek menaikan tekanan darah akibat hidangan sop kambing juga ternyata bisa diringankan. Penelitian dari Sunagawa pada tahun 2014 membuktikan kalau tanaman mugwort atau baru cina (Artemisia vulgaris) yang ditambahkan pada hidangan daging kambing dapat meringankan efeknya terhadap tekanan darah.

Baca Juga: Kolesterol dan Darah Tinggi Naik usai Santap Daging Kurban, Gak usah Khawatir Ini Obat Alaminya

Baru cina biasa dijadikan sebagai penyedap rasa dalam hidangan sop kambing tradisional di Pulau Okinawa, Jepang. Tanaman tersebut memang jarang digunakan sebagai bumbu pada masakan Indonesia.

3. Konsumsi Lalapan

Tetapi ada tanaman lain yang biasa dimakan untuk mengurangi 'efek berbahaya' dari makanan, seperti ketimun, acar, dan lalapan. Ketimun dan lalapan mengandung serat yang dapat menyerap sebagian makanan yang kita makan.

"Tapi seharusnya sayuran atau buah yang berserat dimakan sebelum, atau bersamaan dengan hidangan utama, bukan setelahnya," sarannya.

Cara tersebut dinilai lebih efektif dibandingkan berpikir untuk olahraga lebih ekstra pasca konsumsi hidangan daging kambing.

4. Olahraga

Dokter Samuel mengatakan bahwa berolahraga untuk meringankan efek negatif dari makanan yang tidak sehat justru pola pikir yang salah. Ia tidak menyarankan olahraga sebagai cara untuk meringankan efek negatif dari makanan yang tidak sehat.

Baca Juga: 2 LINK Live Streaming Indonesia vs Myanmar Piala AFF U19 2022 Klik Disini Baca Juga: 2 LINK Live Streaming Indonesia vs Myanmar Piala AFF U19 2022 Klik Disini

"Enggak bisa Anda makan sop kambing hari ini, terus besok olahraga dua jam. Enggak boleh, malah itu bahaya. Olahraga harus rutin, makannya harus diatur," ujarnya.

Ia mengingatkan masyarakat sebaiknya melakukan pola pikir hidup sehat dan bugar dengan menerapkan 5S, yaitu makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, olahraga, dan lingkungan sehat, serta tidak merokok.

Demikian informasi tentang cara makan sop kambing tanpa khawatir darah tinggi menyerang Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X