Selain sebagai Hiasan, Seledri Memiliki Bermacam Manfaat bagi Kesehatan

- Rabu, 27 Juli 2022 | 11:22 WIB
Seledri yang memiliki macam-macam manfaat pada tubuh. (WinNet.com)
Seledri yang memiliki macam-macam manfaat pada tubuh. (WinNet.com)

AYOINDONESIA.COM -- Bagi yang suka memasak, pasti Anda sering memakai seledri untuk kebutuhan masakan atau hanya sekadar menjadi penghias pada masakan.

Seledri yang mempunyai nama latin Apium Graveolens memang memiliki aroma yang sangat khas dan unik. Batangnya memiliki tekstur yang garing dan padat serta daunnya memiliki aroma yang sangat khas.

Selain sebagai hiasan makanan, seledri bisa menjadi campuran bahan hidangan untuk makanan seperti sup, salad, tumisan, bahkan makanan seperti lalapan.

Bukan hanya sekadar pelengkap dan penghias makanan, seledri sendiri memiliki manfaat untuk kesehatan dan tidak perlu diragukan.

Seledri sendiri dikenal sebagai sayuran tinggi serat serta kaya akan karbohidrat dan protein yang termasuk dalam makronutrisi.

Makronutrisi sendiri adalah jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Beragam kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya diketahui mampu mencegah macam-macam penyakit.

Selain itu, seledri juga memiliki manfaat lain yang penting untuk diketahui. Seledri mengandung banyak vitamin dan mineral di dalamnya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, kalium, kolin.

Ahli kesehatan mengemukakan kandungan yang baik di dalam seledri yaitu, flavonoid, koumarin, furanokoumarin, isokuersetin, umbiliveron, minyak atsiri, asparagine dan selenium.

Seledri juga memiliki beberapa efek yaitu efek farmakologis antiseptik, antispasmodik, diuretik, hipotensif dan antirematik.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Rekomendasi Kado Natal Unik untuk Orang Tersayang

Senin, 5 Desember 2022 | 12:40 WIB
X